Detail Berita


Selain Pendanaan, Ini Tantangan Pengusaha Tambang



Tanggal terbit: 22-09-2019

duniatambang.co.id - Industri pertambangan masih menjadi primadona, menyilaukan mata dunia. Iming-iming keuntungan besar serta prospek yang cenderung dinilai menjanjikan dijadikan sebagai alasan. Tak cuma di mata pengusaha, namun juga dimata Negara. Sebagai Negara yang diberi karunia berupa sumber daya alam yang melimpah, pertambangan masih dinilai sebagai sektor yang sangat menguntungkan bagi Negara dan merupakan salah satu penyumbang pendapatan Negara terbesar.

Baca juga: Berniat Jadi Pekerja Tambang? Kenali Sistem Kerja Roster Ini

Iming-iming keuntungan besar juga tak luput dari tantangan besar yang terus menghantui. Para pelaku industri pertambangan harus berkawan dengan tantangan demi sebuah keuntungan, lantas apa yang menjadi tantangan besar jika ingin menjadi pengusaha pertambangan?

1. Regulasi

Masalah pertama yang akan dihadapi oleh pengusaha batubara adalah terkait regulasi. Regulasi mengenai perizinan usaha pertambangan yang sangat pelik dan menyangkut berbagai hal. Tak menutup kemungkinan terdapat tumpang tindih terkait perizinan. Belum lagi masalah terkait pembebasan lahan masyarakat yang penyelesaiannya berhubungan dengan ganti rugi dll. Semua itu harus dihadapi agar mendapatkan IUP.

2. Pendanaan

Jika ingin menjadi pengusaha pertambangan, pendanaan merupakan salah satu hal yang krusial. Bagaimana tidak sektor pertambangan merupakan sektor yang membutuhkan investasi dana yang sangat besar sejak perizinan, hingga berbagai tahapan pertambangan.

3. Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial

Pengusaha pertambangan juga harus menyisihkan sebagian dari keuangan perusahaan untuk tanggung jawab lingkungan berkaitan dengan limbah dan dampak dari kegiatan pertambangan termasuk menyiapkan dana untuk reklamasi dan pasca tambang. Selain lingkungan, tanggung jawab sosial juga perlu diperhatikan oleh pengusaha pertambangan untuk kemajuan masyarakat sekitar pertambangan.

4. Investasi Terhadap Sarana Penunjang

Pengusaha tambang juga harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk membangun sarana penunjang seperti jalan, pabrik, kantor, mes karyawan, fasilitas pengolahan, transportasi untuk pengangkutan, dll.

5. Strategi Agar Tetap Eksis

Di tengah gejolak fluktuatif terhadap berbagai harga komoditas, pengusaha wajib memiliki strategi agar tetap bertahan menghadapi tantangan global. Strategi mempertahankan keuangan perusahaan agar tetap stabil.

6. Sustainable Development

Paradigma yang berkaitan dengan Sustainable Development yang sedang digiatkan demi menjaga bumi kita yang mulai bergejolak. Tak dapat dipungkiri industri tambang erat kaitannya dengan dampak lingkungan. Hal ini menjadi tantangan bagi semua elemen termasuk pengusaha tambang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor    : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !