Detail Berita


J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) Perluas Eksplorasi di Indonesia



Tanggal terbit: 21-09-2019

duniatambang.co.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) terus menyiapkan beberapa langkah terkait pengembangan rencana ekspansi proyek tambang emas Doup di Sulawesi Utara dan Proyek Pani di Gorontalo. Adapula proses pengembangan yang masih memasuki tahap eksplorasi yaitu Bolangitang dan Bulagidun yang dimiliki PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM). Selain itu, PSAB juga sedang memasuki jadwal penambangan daerah dengan grade yang lebih rendah. Semua itu membuat PSAB menyiapkan beberapa langkah.

Menurut catatan Kontan, kinerja keuangan semester 1 2019, PSAB berhasil mengantongi penjualan sebesar US$ 121.85 juta pada periode Januari hingga Juni 2019 naik 19.73% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya US$ 101.77 juta. Beban penjualan emiten berkode saham PSAB ini juga tumbuh 26.23% menjadi US$ 67.12 juta dari semester 1 2018 US$ 53.17 juta. Laba kotor PSAB US$ 54.73 juta 12.61% lebih besar dari semester 1 2018 US$ 48.60 juta.

Fakta di atas berbanding terbalik dengan laba tahunan berjalan PSAB, masih menurut catatan Kontan PSAB mencatat jumlah laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan pada entitas induk sebesar US$ 4.29 juta turun 20.11% dari semester 1 2018 US$ 5.37 juta. Hal ini mengingat meningkatnya beban bunga dan beban keuangan termasuk beban umum dan administrasi.

Terkait laba tahunan berjalan PSAB yang menurun tidak luput dari masalah yang ditimbulkan dari jadwal penambangan daerah dengan grade yang lebih rendah. Grade rendah mengharuskan PSAB mengeruk kocek yang lebih dalam untuk biaya pengolahan untuk mengatasi bijih yang berasosiasi dengan bahan lempung sehingga recovery rate dapat meningkat.

Langkah PSAB terkait ekspansi proyek tambang emas Doup di Sulawesi Utara dan Proyek Pani di Gorontalo, dan proses pengembangan yang masih memasuki tahap eksplorasi yaitu Bolangitang dan Bulagidun yang dimiliki PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) mengharuskan PSAB menyiapkan penambahan modal baru lewat private placement, pinjaman perbankan, dan penerbitan obligasi.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !