Detail Berita


Cadangan Emas Di Pongkor Menipis, Antam Mulai Siapkan Strategi Baru



Tanggal terbit: 20-09-2019

duniatambang.co.id – Di tengah harga emas yang terus bergejolak dan cenderung lesuh. PT Aneka Tambang (ANTM) saat ini juga harus memikirkan strategi ke depan mengingat IUP PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Gunung Pongkor, Bogor akan habis di 2021.

Fakta tersebut membuat PT Aneka Tambang berencana untuk memperpanjang IUP. Selain mengenai izin yang akan segera berakhir. Cadangan emas pongkor dikabarkan kian menipis. Namun PT. Antam masih akan mengajukan perpanjangan IUP karena menilai pongkor masih memiliki cadangan ekonomis walau hanya sedikit.

Baca juga: Harga Emas Tergelincir Dibawah Level USD 1.500

Antam juga berencana untuk melakukan eksplorasi di beberapa tempat yang sudah mendapatkan IUP, salah satunya di wilayah Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua. Namun, Antam menyebutkan untuk sampai tahap produksi perusahaan membutuhkan waktu hingga 5 tahun.

Rencana terdekat Antam pada akhir tahun ini akan melakukan pengujian penambangan (mining block test) pada IUP Papandayan di Garut, Jawa Barat. Jika pengujian di IUP Papandayan tersebut berhasil, Antam akan mulai melakukan penambangan tahun depan. IUP Papandayan sendiri memiliki cadangan sekitar 3.5 ton. Target produksi yang akan dilakukan Antam per tahun adalah sebesar 700-800 Kg.

Selain menggiatkan aktivitas eksplorasi untuk menambah cadangan, Antam juga berniat untuk melakukan akuisisi terhadap beberapa wilayah pertambangan. Namun, rencana akuisisi tersebut sepertinya belum berhasil menemui jodohnya.  Rencana akuisisi 26% saham PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) milik perusahaan tambang asal Australia, Newcrest Mining Limited (Newcrest) dibatalkan oleh pihak Antam dikarenakan tidak sejalan dengan keinginan perusahaan terkait kualitas dan kuantitas cadangan.

Rencana akuisisi perusahaan tambang akan terus dilakukan Antam, namun belum diketahui perusahaan mana lagi yang sedang dibidik oleh Antam. Kriteria tambang emas incaran Aneka Tambang yakni memiliki status clean and clear (CnC) atau sejalan dengan aturan hukum. Kualitas dan kuantitas cadangan juga harus sesuai dengan keinginan perusahaan tentunya berkaitan dengan tingkat keenomisan. Rencana eksplorasi dan akuisisi ini dilakukan Antam untuk menjaga keberlanjutan bisnis perusahaan dibidang pertambangan emas.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !