Detail Berita


Mekanisme Perdagangan di Bursa Timah Indonesia dan Dunia



Tanggal terbit: 14-09-2019

duniatambang.co.id - Timah diperdagangkan di beberapa bursa. Di Indonesia, bursa perdagangan timah adalah Bursa Komoditas Derivatif Indonesia (BKDI) atau Indonesia Commodity Derrivative Exchange (ICDX). Sedangkan, untuk di luar negeri ada London Metal Exchange (LME), dan Kuala Lumpur Tin Market (KLTM).

Baca juga: Wah, Jadi Begini Penetapan Harga di Bursa Timah Indonesia

Perbedaan mekanisme perdagangan timah yang terjadi di tiga bursa timah tersebut adalah sebagai berikut.

Indonesia Commodity Derrivative Exchange (ICDX)

Di Indonesia, bursa timah dimulai sejak terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 32/MDAG/PER/6/2013 tentang Tata Niaga Ekspor Timah. Komoditas yang diperdagangkan adalah timah dalam bentuk batangan (ingot). Perdagangan di bursa ICDX dimulai pada pukul 14.30 WIB dan ditutup pukul 15.15 WIB. Harga pembukaan di ICDX merupakan harga penutupan pada hari sebelumnya. Tahap transaksi timah di bursa ICDX terdiri dari Pre-Trade, Trade, dan Post-Trade.

London Metal Exchange (LME)

LME merupakan pusat perdagangan logam terbesar di dunia yang lebih dari 80% produk metal diperdagangkan di sini. LME dijadikan sebagai acuan harga produk logam seperti aluminium, aluminium alloy, cobalt, tembaga, lead, molybdenum, nikel, timah, zinc, dan lain-lain. LME juga merupakan bursa perdagangan logam tertua di dunia. Perdagangan logam LME harus dilakukan oleh anggota bursa LME. Waktu perdagangan mulai pukul 11.40-17.00 waktu London. Harga dibentuk pada sesi perdagangan paling likuid sehingga sangat mencerminkan permintaan dan penawaran. Harga resmi adalah pada saat kontrak terjadi yang ditentukan oleh harga pada penawaran terakhir sebelum penutupan perdagangan.

Kuala Lumpur Tin Market

KLTM merupakan bursa perdagangan timah yang berbentuk fisik di mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara langsung. KLTM mengacu pada sistem Open Outcry dimana penjual  dan pembeli melakukan transaksi bisnis melalui kompetisi perdagangan yang terbuka. Perdangan di KLTM dimulai pada pukul 10.30 waktu Malaysia pada hari Senin hingga Jumat. Kemudian, bids dan offers bertemu dan mencapai kesesuaian pada harga keseimbangan secara elektronik. Sama seperti LME, yang berhak melakukan perdagangan di bursa KLTM adalah anggota bursa KLTM.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan harga timah dunia adalah produksi timah, permintaan timah, kurs USD dan stabilitas perekonomian dunia.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !