Detail Berita


13 Tips Lengkap Menulis CV Versi Dunia Tambang



Tanggal terbit: 06-09-2019

duniatambang.co.idCurriculum Vitae (CV) adalah komunikasi pertama antara recruiter dengan kandidat dalam bentuk lembaran berkas. Melalui CV, recruiter dapat mengetahui secara umum kandidat yang akan mereka rekrut. Oleh karena itu, mempunyai CV yang baik dan berkualitas sangat menentukan seseorang dapat lanjut ke tahap rekrutmen berikutnya.

Baca juga: 9 Tips Ini Bisa Membantumu Cepat Diterima di Perusahaan Tambang Impian

Menurut studi, recruiter hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk memeriksa CV. Jika waktu untuk memeriksa CV lebih dari 6 detik, artinya recruiter mempunyai ketertarikan terhadap kandidat. Sekarang, yang menjadi tugas kandidat adalah membuat CV tampil beda di mata recruiter.

Tim riset Dunia Tambang merangkum beberapa tips menulis CV yang lengkap sebagai berikut.

1. Perhatikan jumlah halaman

Recruiter menyukai CV yang ringkas tetapi informatif. Bagi fresh graduate, CV sebaiknya maksimal 1 halaman. Sedangnkan, bagi experience, CV sebaiknya maksimal 2 halaman.

2. Cantumkan nama dan kontak di bagian atas

Nama dan kontak sebaiknya diposisikan di bagian header atau bagian atas dari CV. Hal ini bertujuan mempermudah recruiter mengingat nama dan mencari kontak kandidat. Kontak yang dicantumkan harus dipastikan aktif.

3. Tuliskan summary

Summary bertujuan untuk menjelaskan diri Sobat sebelum recruiter membaca secara keseluruhan isi CV. Summary diisi dengan latar belakang profesional, pernyataan yang ‘menggoda’ pembaca, dan pernyataan mengapa harus Anda yang dipilih. Summary biasanya terdiri dari 3 baris.

4. Cantumkan magang kerja

Fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja dapat mencantumkan pengalaman magang kerja semasa kuliah. Misalnya Kerja Praktik, Tugas Akhir, dan lai  sebagainya. Dengan pengalaman magang kerja, dapat menjadi pertimbangan recruiter untuk merekrut kandidat.

5. Cantumkan pengalaman kerja yang relevan

Jika Anda memiliki pengalaman kerja bisa dicantumkan pada CV. Pengalaman kerja ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa kandidat telah memiliki pengalaman dan akan menjadi nilai tambah dibandingkan dengan kandidat lain.

6. Urutan pengalaman kerja

Pengalaman kerja yang terakhir diposisikan pada urutan pertama agar recruiter mengetahui timeline kerja dari kandidat.

7. Tuliskan Pendidikan

Pendidikan yang wajib dituliskan adalah pendidikan terakhir, misalnya bagi lulusan S-1, yang diisi adalah perguruan tinggi. Informasi judul skripsi boleh dicantumkan untuk memberi informasi tambahan.

8. Tuliskan skill yang dikuasai

Ketika memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, maka yang harus diperhatikan adalah skill yang harus dikuasai untuk posisi pekerjaan tersebut. Tuliskanlah skill yang relevan dengan posisi yang dilamar. Misal Sobat melamar sebagai Mining Engineer, Sobat dapat menuliskan software-software yang dikuasai.

9. Desain CV simple tapi Eye Cacthing

Desain CV yang bagus adalah yang eye catching tapi tetap terlihat simpel. Bayangkan jika Sobat sebagai recruiter, yang menarik perhatian adalah yang berbeda dari yang lain.

10. Berikan informasi yang baik pada media sosial pribadi

Zaman sekarang, recruiter dapat mengenali kandidat tanpa bertemu langsung. Mereka dapat menelusuri informasi kandidat melalui media sosial. Oleh sebab itu, media sosial harus diisi dengan yang baik dan bermanfaat agar citra kandidat tidak buruk di mata recruiter.

11. Perhatikan jabatan dan nama perusahaan yang ditulis

Hal ini tampak sepele, tapi berpengaruh. Ketika Anda salah dalam menuliskan posisi dan nama perusahaan adalah hal yang fatal. Recruiter berpikir, jika nama perusahaan saja tidak tepat, bagaimana mau memajukan perusahaan ke depannya.

12. Memasukkan informasi yang perlu

Sobat dapat mencantumkan prestasi, sertifikasi yang dimiliki, dan penghargaa lain yang masih relevan dengan posisi yang dilamar. Selain itu, dapat juga memasukkan pengalaman organisasi. Recruiter dapat mengetahui bahwa Sobat adalah orang pernah diberikan tanggung jawab dan dapat menjalankannya sehingga dapat menambah keyakinan recruiter.

13. Perhatikan format dokumen

Beberapa perusahaan biasanya menggunakan robot pencari untuk menyaring CV kandidat. Maka dari itu CV disarankan dalam bentuk pdf agar dapat muncul di pencarian. Serta masukkan data yang menjadi kata kunci seperti yang telah dijelaskan di atas misalnya jurusan, posisi yang dilamar, skill, dan lain-lain.

Baca juga: Selain Salary, Mungkin Ini Salah Satu Alasanmu Pilih Kerja Di Pertambangan

(MS)

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !