Detail Berita


Forecasting Commodity Price Pengaruhi Suksesnya Marginal Deposits



duniatambang.co.id – Dalam agenda Bruncheon Talk MGEI “How To Turn Allegedly Small/Marginal Deposits into Mine/Production”,  Lufi Rachmad (Principal Geomine Mining and Geotechnical Consultant) membawakan topik ”Nothing is Impossible”.

Menurut Lufi, bahwa marginal deposits yang telah dinyatakan layak ditambang harus segera dilakukan proses penambangan. Sebelum penambangan, harus diketahui dengan jelas indicated resources dan mining method.

Hal ini juga selaras dengan yang disampaikan oleh Iwan Munajat (Independent Consulting Geoscientist), bahwa perlu dengan jelas mengetahui indicated resources dan mengetahui mining method.

Baca juga: Consultant Geoscientist: How to Develop Marginal Deposits

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah forecasting commodity price untuk mengetahui untung atau rugi perusahaan apabila memproduksi marginal deposits. Forecasting merupakan teknik analisis perhitungan dengan melakukan pendekatan kuantitatif untuk melakukan perkiraan peristiwa pada masa depan menggunakan referensi data-data pada masa lalu. Harga komoditas di masa depan sangat menentukan keberhasilan marginal deposits.

Di Indonesia, biaya laboratorium masih sangat tinggi. Biaya produksi masih banyak terpakai untuk memenuhi upah tenaga kerja. Selain itu, biaya memakai jasa kontraktor juga tinggi untuk menghasilkan high productivity.

Kemudian, testing metallurgy harus dilakukan tidak jauh dari proses eksplorasi untuk menghindari gagal develop.

(MS)