Detail Berita


Tata Cara Pembayaran Divestasi Saham Asing Pertambangan, Tidak Sulit!



Tanggal terbit: 29-08-2019

duniatambang.co.id – Kementerian ESDM menerbitkan peraturan tentang divestasi saham asing pertambangan. Regulasi tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Divestasi Saham dan Mekanisme Penetapan Harga Saham Divestasi pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: Tata Cara Divestasi Saham  Asing Pertambangan yang Patut Diketahui

Berkaitan dengan Tata Cara Pembayaran Saham Divestasi dilakukan melalui beberapa proses.  Pembayaran dan penyerahan saham divestasi dilaksanakan dalam jangka waktu paling lambat 12 bulan setelah tanggal pernyataan minat dari Peserta Indonesia.

Pemegang IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi berkewajiban untuk menyampaikan laporan pelaksanaan Divestasi Saham kepada Menteri melalui Direktur Jenderal dengan tembusan disampaikan kepada gubernur dan bupati/walikota.

Pemegang IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi yang telah selesai melaksanakan Divestasi Saham wajib mengajukan komposisi perubahan saham kepada Menteri melalui Direktur Jenderal dengan tembusan kepada gubernur dan bupati/walikota.

Kemudian harga saham divestasi dari pemegang IUP Operasi Produksi atau IUPK Operasi Produksi yang ditawarkan kepada Peserta Indonesia ditetapkan berdasarkan harga pasar yang wajar.

Harga saham divestasi menjadi harga tertinggi untuk penawaran Divestasi Saham kepada Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Harga tersebut merupakan merupakan harga dasar untuk penawaran Divestasi Saham kepada BUMN, BUMD, dan Badan Usaha Swasta Nasional dengan cara lelang.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !