Detail Berita


Ibukota Baru Diketuk Palu, Bertetangga dengan Lokasi Tambang



Tanggal terbit: 27-08-2019

duniatambang.co.id - Presiden Joko Widodo telah melakukan konferensi pers pemindahan ibukota negara di Istana Negara pada Senin, 26 Agustus 2018. Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo resmi memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibukota negara Indonesia untuk menggantikan DKI Jakarta.

Lokasi ibukota yang diketuk palu tersebut berada di sebagian Kutai Kartanegara dan sebagian Panajam Paser Utara. Seperti yang diketahui, Kalimantan sebagai paruh-paruh Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Termasuk di Kalimantan Timur, sumber daya alam salah satunya batubara banyak diproduksi. Banyak perusahaan-perusahaan tambang yang beroperasi di Kalimantan Timur.

Baca jugaCalon Ibu Kota Bertetangga dengan Lokasi Tambang, Kabar Baik atau Buruk?

Lokasi ibukota yang berdampingan dengan lokasi tambang ini memerlukan perhatian khusus agar penanganannya tepat. Namun demikian, pemilihan ibukota baru telah melalui berbagai kajian dan pertimbangan.

Menurut Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, ada 7 syarat yang telah dipenuhi oleh Kapubaten Penajam Paser Utara dan sekitarnya menjadi ibukota negara yaitu sebagai berikut.

1. Lokasi strategis yang secara strategis berada di tengah wilayah Indonesia dan sebagai penghubung provinsin Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Timur.

2. Panajam Paser Utara memiliki lahan yang luas atas kepemilikan pemerintah berguna untuk menekan biaya investasi.

3. Memiliki potensi bencana alam yang kecil karena jauh minim aktivitas gunung berapi, tsunami, banjir, erosi, dan kebakaran hutan.

4. Bebas dari pencemaran lingkungan dan tersedia sumber daya air yang cukup.

5. Tersedia pelabuhan laut untuk mengembangkan tol laut untuk memudahkan akses antarpulau.

6. Layanan listrik, sanitiasi, air minum, dan jaringan komunikasi memungkinkan untuk dikembangkan

7. Memenuhi parameter pertahanan dan keamanan serta potensi konflik sosial yang rendah.

Baca juga: Peran Geologi Lingkungan Bila Ibukota Berdampingan dengan Lokasi Tambang

 

(MS)

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !