Detail Berita


Sobat Tambang, Ini Ciri-Ciri Penipuan Kerja yang Bikin Uang Hangus



Tanggal terbit: 23-08-2019

duniatambang.co.id - Saat ini marak terjadi penipuan kerja yang mengiming-imingi gaji yang tinggi dan fasilitas kerja yang menggiurkan. Aksi-aksi penipuan yang berkedok lowongan kerja ini telah banyak memangsa korban. Terutama para fresh graduate yang masih minim pengalaman melamar pekerjaan. Para pelaku mempunyai berbagai taktik untuk mengelabuhi korban. Untuk itu, diperlukan kejelian untuk mengantisipasi agar kejadian ini tidak terjadi pada Sobat Tambang.

Baca juga: Selain Salary, Mungkin Ini Salah Satu Alasanmu Pilih Kerja Di Pertambangan

Tim Dunia Tambang melakukan riset mengenai ciri-ciri lowongan kerja dan modus penipuan para pelaku yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Menggunakan domain email gratisan

Meski tidak semua lowongan kerja yang memakai domain email gratisan adalah penipu, tetapi  sebagian besar lowongan kerja yang menipu banyak memakai domain email gratisan. Mereka membuat alamat email yang dimirip-miripkan dengan alamat email perusahaan asli agar kandidat mudah terkelabuhi. Salah satu ciri lowongan kerja resmi biasanya menggunakan alamat pengiriman yang ditujukan pada alamat email yang menggunakan domail email perusahaan yang bersangkutan.

2. Mencantumkan website perusahaan besar yang gratisan

Pelaku terkadang mempunyai niat yang sangat tinggi hingga membuat website yang seolah-seolah adalah website resmi perusahaan. Isinya dibuat sama persis hingga membuat korban tidak sadar dan mempercayai bahwa lowongan tersebut resmi karena berasal dari website resmi perusahaan.

3. Persyaratan menjadi karyawan terlalu mudah dan umum

Persyaratan yang dicantumkan pada lowongan kerja terlalu umum dan mudah. Persyaratan tidak dijabarkan dengan rinci berdasarkan posisi yang dilamar. Dengan melihat persyaratan yang mudah sehingga menarik minat para pelamar untuk mengirimkan curriculum vitae.

4. Mengirimkan undangan interview yang janggal

Undangan interview menjadi kunci bagi para pelaku untuk menjalankan aksinya. Mereka biasanya mengirimkan undangan interview melalui email yang juga disertai dengan pesan singkat sebagai pengingat bahwa mereka telah mengirim undangan ke email korban. Ada beberap ciri untuk mengenali undangan interview yang palsu.

Ciri-ciri undangan interview palsu adalah sebagai berikut.

a. Mencantumkan semua nama kandidat, umumnya terdapat 20 kandidat

b. Tidak mencantumkan posisi yang dilamar oleh kandidat secara jelas

c. Meminta SMS konfirmasi bahwa kandidat dapat memenuhi undangan interview

d. Lokasi interview jauh dari lokasi kandidat sehingga mengharuskan kandidat untuk reservasi tiket pesawat.

5. Penipu antusias ketika korban merespon

Ketika kandidat merespon undangan interview, maka penipu akan sangat antusias bahkan mereka yang akan terus menghubungi balik. Aneh bukan ketika HRD masih sibuk dengan urusan rekrutmen di luar jam kerja. Seolah-olah HRD yang mengejar kandidat, bukan kandidat yang mengejar HRD.

6. Memilih waktu interview yang mepet

Mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk meyakinkan korban. Jarak undangan interview yang dikirimkan dengan jadwal interview dibuat singkat sehingga korban tidak banyak waktu untuk berpikir panjang. Sehingga terpaksa memesan tiket transportasi pada agen travel yang mereka sediakan di undangan interview.

Baca juga: 9 Tips Ini Bisa Membantumu Cepat Diterima di Perusahaan Tambang Impian

Korban biasanya baru sadar setelah uang terkirim dan menangisi kejadian yang telah terjadi. Jika Sobat Tambang mendapat ciri-ciri tersebut, diharapkan untuk hati-hati. Setiap proses rekrutmen yang dijalani harus teliti agar tidak terjabak bujuk rayu penipu.

(MS)

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !