Detail Berita


Istilah Keselamatan Pertambangan yang Belum Banyak Diketahui, Baca Ini!



Tanggal terbit: 22-08-2019

duniatambang.co.id - Direktorat Jenderal Minerba telah menerbitkan peraturan baru mengenai Keselamatan Pertambangan melalui Keputusan Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Nomor 185.K/37.04/DJB/2019 Tentang  Petunjuk Teknis Pelaksanaan Keselamatan Pertambangan, Pelaksanaan, Penilaian, dan Pelaporan Sistem Manajemen  Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL MNERAL DAN BATUBARA KEMENTERIAN ESDM NOMOR 185.K/37.04/DJB/2019

Sebelum membahas lebih jauh, Tim Dunia Tambang telah merangkum pengertian-pengertian istilah yang sering digunakan pada Keselamatan Pertambangan berdasarkan Petunjuk Teknis tersebut.

1. Keselamatan Pertambangan

Keselamatan Pertambangan adalah segala kegiatan yang meliputi pengelolaan keselamatan dan keselamatan operasional pertambangan.

2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi pekerja agar selamat  dan sehat melalui upaya pengelolaan keselamatan kerja, kesehatan kerja, lingkungan kerja, dan sistem manajemen  keselamatan dan kesehatan kerja.

3. Keselamatan Operasi Pertambangan

Keselamatan Operasi Pertambangan adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi operasional tambang yang aman, efisien, dan produksi melalui upaya, antara lain pengelolaan, sistem, dan pelaksanaan pemeliharaan/perawatan sarana, prasarana, instalasi, dan peralatan pertambangan, pengamanan instalasi, kelayakan sarana prasarana instalasi, dan peralatan pertambangan, kompetensi tenaga teknik, dan evaluasi laporan hasil kajian teknis pertambangan.

4. Kelayakan Operasi

Kelayakan Operasi adalah serangkaian pengujian secara berkala terhadap peralatan pertambangan yang menerangkan bahwa peralatan tersebut telah memenuhi persyaratan administrasi dan kelayakan teknis untuk melakukan kegiatan pertambangan.

Petunjuk Teknis ini bertujuan untuk memberikan standardisasi dalam pemenuhan persyaratan teknis  Keselamatan, Pertambangan, Mineral dan Batubara.

Baca juga: Ayo Kenalan dengan 10 Istilah pada Tambang Bawah Tanah

(MS)

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !