Detail Berita


Tunggu Harga Batubara Membaik, Golden Energy (GEMS) Lakukan Right Issue



Tanggal terbit: 18-08-2019

duniatambang.co.id - PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), salah satu emiten tambang batubara merencanakan akan melepas saham baru. Perusahaan berkode saham GEMS ini akan melakukan right issue dalam rangka memenuhi ketentuan free float. Manajemen menyatakan rencana ini akan terealisasi menunggu harga batubara membaik.

Baca juga: Harga Batubara Dunia Melemah, Saham Sektor Tambang Domestik Tertekan

Sejauh ini GEMS sudah mendapatkan kode positif dari pemegang saham untuk melakukan rights issue. Rencana right issue ini sudah direncanakan dari jauh-jauh hari pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di 2017.

Apabila harga batubara belum menunjukkan kabar baik, GEMS akan mengadakan RUPS kembali selambat-lambatnya pada tahun 2020. Saat ini kepemilikan saham publik GEMS hanya mencapai 3%.

Sebelum ditawarkan kepada investor baru, GEMS akan memprioritaskan para investor yang sudah masuk ke perusahaan. Hak yang diberikan kepada investor lama inilah yang kemudian disebut dengan right issue. Apabila hak ini tidak digunakan oleh investor lama, maka investor baru bisa mengambil alih yang biasanya disebut dengan sebagai standby buyer.

Right issue biasanya diberikan berdasarkan rasio yang telah ditetapkan. Misalnya rasio yang diberikan adalah 1:2, artinya setiap pemegang satu lembar saham akan mendapatkan dua hak untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !