image
Dunia Tambang / 16 August 2019 / 0 Komentar

Tambang Gaji Roster Mining 

Selain Salary, Mungkin Ini Salah Satu Alasanmu Pilih Kerja Di Pertambangan

duniatambang.co.id - Pertambangan menjadi sektor yang sangat banyak diidam-idamkan oleh kebanyakan orang untuk mengembangkan karir. Pendidikan mengenai pertambangan selalu diburu baik itu tingkat Sekolah Menengah Kejuruan maupun Perguruan Tinggi. Umumnya, peminat untuk jurusan pertambangan bersaing ketat dengan peminat jurusan kedokteran umum.

Sebenarnya, apa yang membuat pertambangan menjadi primadona bagi peminatnya. Berikut tim riset Dunia Tambang telah melakukan eksperimen sosial baik secara langsung maupun melalui media terhadap user Dunia Tambang mengenai alasan mereka memilih bekerja di bidang pertambangan.

1. Salary

Beberapa waktu lalu, tanah air sempat heboh pasalnya seorang fresh graduate menolak gaji 8 juta. Untuk bidang pertambangan, fresh graduate digaji 8 juta sudah menjadi hal yang lumrah bahkan bisa lebih. Tidak dipungkiri, bahwa yang pertama kali dipertimbangkan saat memilih pekerjaan adalah gaji yang diterima. Jadi, wajar saja pertambangan menjadi rebutan kebanyakan orang karena menawarkan gaji yang megah.

Baca juga: Fantastis, Gaji dan Fasilitas Freeport Bikin Pekerja Betah

2. Passion

Passion adalah sesuatu yang tidak merasa bosan untuk melakukannya. Dikerjakan dengan ikhlas tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang. Kebanyakan user Dunia Tambang mengatakan bahwa passion adalah alasan kedua setelah salary yang diterima. Passion setiap orang tentu berbeda-beda. Orang-orang tambang umumnya menyukai pekerjaan di lapangan karena dapat berinteraksi langsung dengan lokasi tambang.

3. Mewarisi Karir Keluarga

Keluaga dapat menjadi faktor penting dalam menentukan karir seseorang di masa depan Pepatah bilang “buat jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitu pula dengan orang-orang yang dikelilingi oleh keluarga dalam lingkup karir yang sama. Sehingga, kebanyakan orang pilih kerja di pertambangan untuk mewarisi karir keluarga.

4. Fasilitas

Selain gaji yang di atas rata-rata, bekerja di pertambangan juga memberikan fasilitas “wah” kepada para pekerjanya. Sebut saja Freeport, benar-benar membuat para pekerjanya betah. Mulai dari tempat tinggal, transportasi, kesehatan, dan pendidikan keluarga dari pekerja pun sangat diperhatikan. Sehingga kualitas hidup keluarga ikut terjamin dan lebih baik.

5. Sistem Roster

Sistem roster menetapkan waktu kerja dan waktu istirahat dalam jangka waktu tertentu. Roster bermacam-macam periode, ada yang 10:2, 8;2, 6:2 dan lain sebagainya yang telah diatur oleh kebijakan pemerintah dan ketentuan perusahaan. Meski waktu kerja yang lumayan panjang, tetapi roster memberikan waktu yang cukup puas untuk liburan dan berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Berniat Jadi Pekerja Tambang? Kenali Sistem Kerja Roster Ini 

6. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan yang dekat dengan lokasi tambang akan turut mempengaruhi pilihan karir seseorang, Misalnya orang yang tempat tinggalnya dekat dengan lokasi pertambangan akan lebih tertarik untuk memilih jurusan pertambangan. Kemudian meniti karir di bidang pertambangan di daerahnya. Misalnya, pemuda di pulau Kalimantan akan lebih tertarik mengembangkan karir di bidang pertambangan karena Kalimantan adalah salah satu pulau lumbung energi.

7. Tidak Ingin Menjadi Penonton di Rumah Sendiri

Seperti yang kita ketahui bersama, sumber daya alam Indonesia melimpah terutama di bidang pertambangan. Sayang, yang menikmatinya masih berat ke asing. Maka seharusnya, penduduk lokal menjadi pemain utama di bisnis pertambangan agar tidak menjadi penonton di rumah sendiri.

8. Kontribusi untuk Kesejahteraan Orang Banyak

Kekayaan alam Indonesia sesuai amanat UUD 1945 Pasal 33 Ayat 3 dikuasai oleh negara dan sepenuhnya ditujukan untuk kesejahteraaan rakyat. Jadi sepantasnya, amanat tersebut menjadi tujuan mulia bagi orang-orang yang bekerja di bidang pertambangan agar bisa memberikan kontribusi untuk kesejahteraan rakyat.

9. Pride

Bisa bekerja di perusahaan pertambangan menjadi kebanggan tersendiri bagi orang-orang yang mengidamkannya. Menurut mereka, bekerja di bidang pertambangan sudah membawa framing yang bagus di mata masyarakat sehingga orang-orang yang bekerja di pertambangan adalah orang-orang pilihan.

10. Challenge

Karena diterima di perusahaan pertambangan tergolong rumit, maka untuk bisa diterima sebagai pekerja tambang adalah tantangan. Orang-orang yang berhasil bekerja di perusahaan tambang adalah orang-orang yang telah berhasil melewati tantangan mengingat jumlah peminat yang sangat membludak.

Dari 10 alasan di atas, yang paling mendominasi adalah salary, tetapi tidak menutup kemungkinan dari 9 alasan yang lain menjadi alasan utama tergantung dari pribadi masing-masing para pekerja tambang.

 

(MS)

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar