Detail Berita


Bahan Bakar B30 “Selamat”di Dieng



duniatambang.co.id – Bahan bakar B30 atau bahan bakar campuran biodiesel 30% besutan BPPT dan Kementrian ESDM lolos uji coba bahan bakar di Dieng. Pasalnya uji coba di Dieng dilakukan karena kondisi lingkungan Dieng yang tegolong “ekstrem” untuk mesin mobil.

Baca juga: Sukses Pionir B20 di Dunia, Indonesia Siapkan Road Test B30

Dieng dipilih menjadi daerah uji coba disebabkan salah satunya karena temperatur di Dieng yang rendah untuk melihat kinerja dari B30 terhadap suhu yang rendah. Uji coba dilakukan pada kondisi suhu sebesar 15 derajat celcius. Selain itu, kondisi mobil penguji tidak pernah dinyala selama 21 hari.

Tiga mobil digunakan pada uji coba ini dberikan perilaku yang berbeda. Mobil pertama diberi bahan bakar solar B0 sebagai parameter pengontrol dimana akan digunakan sebagai pembanding. Mobil kedua dan ketiga secara masing – masing diisi dengan B30 yang memiliki kadar Monogliserida 0,4 (%-massa) dan B30 yang memiliki kadar Monogliserida 0,55 (%-massa).

Dikutip dari detik.com (Mulus, B30 Lolos Uji Coba Penghidupan Mobil), hasil uji coba menunjukkan mobil kedua dan ketiga “lolos” uji coba penghidupan mobil. Untuk uji jalan akan dilakukan seiring dengan berjalannya mobil – mobil tersebut.

(FPL)