Detail Berita


Konsultan – Konsultan Asing yang Meraup Kekayaan di Indonesia



duniatambang.co.id – Dari banyaknya konsultan pertambangan di Indonesia, tidak disangka banyak konsultan asing yang ikut merambah kekayaan alam di Indonesia. Siapa sajakah “pelaku asing” ini? Tim Dunia Tambang melakukan penelitian terkait konsultan – konsultan asing yang “meraup kekayaan” Indonesia.

1. PT SRK Consulting

Merupakan konsultan dengan fokus ke industri energi dan kebumian yang berdomisili di Cilandak KKO, Jakarta Selatan. PT SRK Consulting merupakan kantor konsultan internasional yang terbentuk pada tahun 1974 yang memiliki lebih dari 1400 karyawan. PT SRK Consulting menawarkan jasa eksplorasi, mine plan, produksi, dan penutupan tambang. Kantor konsultan ini memiliki 1500 klien yang memakai jasa konsultan PT SRK Consulting.

2. PT SMG Consultants Indonesia

Merupakan konsultan pertambangan dan manajemen yang berdomisili di Jakarta. PT SMG merupakan kantor konsultan internasional yang memiliki markas pusat di Singapura. PT SMG menawarkan jasa geological services, due diligence (JORC), optimasi tambang, dan jasa pertambangan lainnya. Kantor konsultan ini memiliki 56 klien perusahaan Indonesia yang memakai jasa konsultan PT SMG Consultants Indonesia.

3. PT CUBE Consulting

Merupakan konsultan pertambangan yang berdomisili di Jakarta Selatan. PT CUBE Consulting menawarkan eksplorasi, resource modelling, estimasi reserve, feasibility study, dan jasa pertambangan lainnya. Kantor konsultan ini memiliki 29 klien perusahaan Indonesia yang memakai jasa konsultan PT CUBE Consulting.

4. Golder Associate

Merupakan konsultan pertambangan yang memiliki daerah regional di Asia. Golder Associate menawarkan jasa konsultasi eksplorasi, konstruksi, manajemen air, estimasi reserve, due diligence, dan jasa pertambangan lainnya. Kantor konsultan ini telah berdiri selama 40 silam dan kantor Golder Associate di Jakarta merupakan salah satu dari kantor di regional Asia yang juga meliputi Hongkong, China, Singapura, India, Asia bagian tengah, New Zealand, dan Australia.

Baca juga: Delapan Konsultan Tambang Besar di Indonesia

(FPL)