Detail Berita


Peran Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Energi Nasional



duniatambang.co.id – Batubara merupakan sumber daya alam yang penting untuk pemenuhan kebutuhan energi nasional. Melalui Seminar Pemanfaatan Batubara Sebagai Sumber Energi Strategis Nasional, Budi Santoso Direktur CIRUSS menjadi salah satu pembicara. Seminar tersebut diadakan pada hari Senin, 12 Agustus 2019 di Ruang Rapat Komisi IV Gedung Nusantara MPR/DPR RI.

Dalam penuturannya, Budi menyampaikan bahwa batubara merupakan bahan galian strategis yang sangat banyak manfaatnya untuk negara. Batubara mempunyai peran untuk meningkatkan daya saing perekonomian nasional. Batubara dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran.

Baca juga: Kabar Segar, Harga Batubara Acuan (HBA) Agustus Menanjak Tipis

Peran penting batubara bagi energi nasional yaitu penerimaan dan pendapatan devisa negara. Selain itu, batubara juga membuka akses investasi, berperan dalam jasa dan industri. Dengan dimanfaatkannya batubara, membuka peluang untuk pembangunan wilayah dan membuka lapangan pekerjaan.

Batubara adalah energi murah dan terjangkau Budi juga menyarankan briket sebagai energi murah dan dapat diproduksi secara sederhana. Briket dapat meningkatkan multiflier effect dibandingkan dengan produk hilirisasi yang lain. Selain itu, pengembangan teknologi dibutuhkan untuk membuat batubara lebih bersih dari partikel-partikel polutan.

Pemerintah diharapkan dapat menjamin persediaan batubara untuk pembangkit listrik di dalam negeri dan industri besar sehingga secara bertahap dapat menurunkan ekspor.

 

(MS)