Detail Berita


Selain Sebagai Bahan Bakar PLTU, Batubara Juga Bisa Digasifikasi



duniatambang.co.id – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara. Batubara Indonesia memiliki sumberdaya dan cadangan yang cukup besar yang terdiri dari nilai kalori rendah hingga tinggi. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai bahwa potensi pengembangan industri gasifikasi batubara di Indonesia cukup besar. Batubara kalori rendah dapat dimanfaatkan dalam proses gasifikasi.

Gasifikasi mengubah batubara padat menjadi gas sintetis. Gasifikasi batubara ini dimaksudkan untuk memberikan nilai tambah dan dapat menekan impor liquid petroleum gas (LPG).

Baca juga: Hilirisasi Mineral Tampak Lancar, Begini dengan Batubara

Selain itu, pengembangan usaha pada bidang gasifikasi batubara sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri pupuk dan petrokimia di dalam negeri.

Namun, saat ini bisnis gasifikasi batubara masih belum banyak diminati oleh produsen batubara. Pengembangan gasifikasi batubara di Indonesia sudah dilakukan oleh PT Bukit Asam (PTBA) di dua lokasi, yaitu Tanjung Enim (Sumatera Selatan) dan Peranap (Riau). Pemerintah juga tengah melakukan cara untuk menarik minat para produsen batubara untuk memulai bisnis gasifikasi di dalam negeri.

Pembangunan bisnis gasifikasi batubara ini terus membutuhkan pemantauan terutama dalam pengembangan teknologi gasifikasi. Pembangunan gasifikasi ini diharapkan dapat berkembang sehingga lebih efektif dan kompetitif.

 

(MS)