Detail Berita


Peran Geologi Lingkungan Bila Ibukota Berdampingan dengan Lokasi Tambang



Tanggal terbit: 10-08-2019

duniatambang.co.id - Setiap kegiatan penambangan menimbulkan dampak terhadap lingkungan yang dapat mengubah daya dukung tanah. Kegiatan penambangan yang tidak mempertimbangkan keseimbangan lingkungan dan tidak tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Pemerintah menyebut-nyebut bahwa calon ibu kota baru akan berada pada dekat dengan lokasi tambang. Kalimantan diduga kuat menjadi kandidiat ibukota baru yang akan menggantikan DKI Jakarta. Dengan karakteristik lokasi tambang yang begitu rentan terhadap lingkungan, diperlukan upaya dan peran geologi lingkungan untuk agar lingkungan tetap terjaga.

Baca juga: Calon Ibu Kota Bertetangga dengan Lokasi Tambang, Kabar Baik atau Buruk?

Tim riset Dunia Tambang menganalisis peran geologi lingkungan untuk mendukung rencana pemindahan ibukota apabila dekat lokasi tambang yaitu sebagai berikut.

  1. Pemerintah dan stakeholder terkait perlu mengkaji dampak geologi lingkungan akibat tambang terbuka maupun tambang bawah tanah
  2. Mengklasifikakan data dan model perubahan geologi lingkungan
  3. Mendata ukuran perubahan geologi yang disebabkan akibat aktivitas penambangan
  4. Analisis, sintesis dan rekomendasi geologi lingkungan yang berwawasan lingkungan pada lokasi sekitar tambang
  5. Mengelola dengan baik penataan ruang, tiitk pantau, reklamasi, rehalibitasi, geowisata tambang, dan pengolahan air asam tambang.

Apabila peran geologi lingkungan tidak diperhatikan dapat terjadinya dampak negatif. Seperti pergerakan tanah, hilangnya daerah resapan air, rusaknya bentang alam, meningkatnya kemungkinan terjadinya erosi, mengganggu kondisi air tanah, dan dampak lingkungan lainnya. Dengan adanya peran geologi lingkungan maka pemindahan ibu kota yang dekat dengan lokasi tambang dapat berjalan dengan baik.

 

(MS)

Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !