Detail Berita


9 Tips Ini Bisa Membantumu Cepat Diterima di Perusahaan Tambang Impian



Tanggal terbit: 09-08-2019

duniatambang.co.id - Hi Sobat Tambang, buat Sobat yang  lagi dalam tahapan jobseeker atau pencari kerja. Kamu tentunya ingin secepatnya diterima di perusahaan impian. Namun, terkadang Sobat kurang memperhatikan hal-hal yang seharusnya Sobat lakukan untuk memperbesar peluang Sobat diterima di perusahaan yang Sobat impikan. Berikut Dunia Tambang memiliki beberapa tips dan trik supaya Sobat dapat diterima di perusahaan impian Sobat.

Baca juga: Cobat FRESH GRADUATE

1. Kenali Perusahaan Impianmu

Yaps benar, tak kenal maka tak sayang. Mungkin pepatah ini juga berlaku untuk urusan melamar pekerjaan . Sobat harus mengetahui perusahaan yang Sobat lamar bergerak dibidang apa, visi dan misi perusahaanya apa karena nantinya Sobat akan berada di perusahaan tersebut. Kesalahan fatal pelamar kerja tidak mengenai profil perusahaan. Kenali perusahaan melalui informasi digital yang ada atau kunjungi website perusahaan terkait. Namun, ketika tidak menemukan website perusahaan tersebut, Sobat dapat bertanya kepada orang atau kenalan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

2. Persiapakan  CV

CV menjadi cerminan ataupun tolak ukur pertama seorang recruiter untuk meloloskan Sobat ke tahap selanjutnya. CV bisa menjadi sumber informasi utama yang recruiter miliki karena di dalamnya terdapat informasi mengenai data pribadi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan pencapaian lainnya yang membuat recruiter tertarik. CV yang Sobat buat usahakan tidak melebihi 2 lembar karena akan menyulitkan recuriter untuk membaca dan terkesan terlalu panjang. Pilihan warna serta font juga harus diperhatikan.

3. Surat Lamaran Penting!

Sobat mungkin sering mendengar kata “Surat Lamaran”. Surat lamaran merupakan surat yang ditujukan kepada perusahaan terkait ketertarikan kita dengan suatu posisi yang dibuka di perusahaan tersebut. Surat lamaran biasanya berisi tentang kenapa kita tertarik dengan posisi yang sedang dibuka, surat lamaran biasanya ditulis dengan kata kata yang sopan dan tidak bertele-tele sehingga sang pembaca dalam hal ini recruiter langsung mengetahui maksud dan tujuan dari lamaran Sobat. Surat lamaran biasanya selalu dikirim bersama CV, jadi Sobat harus ingat untuk melampirkan surat lamaran ketika mengirimkan CV.

4. Gunakan E-mail dengan Bijak

Ketika Sobat akan mengirimkan CV dan Surat Lamaran melalui email, hal pertama yang harus Sobat perhatikan adalah nama dari email Sobat, email tidak disarankan dengan nama-nama yang tidak formal seperti ritacute@gmail.com atau budiganteng@yahoo.co.id. Sobat dapat menggunakan nama lengkap. Subject email juga harus perhatikan sesuai ketentuan yang sudah diminta perusahaan ataupun menyesuaikan dengan posisi yang Sobat lamar. Sobat juga harus memastikan di dalam body e-mail terdapat nama dan posisi yang dilamar. Hal ini diperlukan supaya memudahkan recruiter untuk mengelompokan berkas sesuai posisi yang dilamar.

5. Waktu Pengiriman

Hal ini mungkin sangat jarang diperhatikan oleh Sobat tambang, namum jika kita lihat lagi waktu pengiriman juga memiliki andil besar dalam kaitanya dengan Sobat diterima atau tidak. Sobat pasti pernah mendengar quotes “the right man on the right place and time”. Ya ini juga berlaku untuk Sobat ketika mengirimkan e-mail ke recruiter. Waktu yang baik untuk mengirimkan email pekerjaan adalah ketika pukul 07:00 – 08:00 . Hal ini dikarenakan pada saat HR atau recruiter membuka email mereka di pagi hari, otomatis email Sobatlah yang berada di atas dan akan segera dibuka oleh recruiter atau Sobat bisa juga mengirimkan email pada pukul 12:00 – 13:00. Pada waktu ini sang recruiter baru saja menyelesaikan jam makan siang dan kemungkinan kembali lagi ke meja nya dan membuka email setelah ini. Perihal waktu ini merupakan pilihan masing-masing Sobat.

6. Psikotest

Setelah Sobat mengiirimkan lamaran kerja, Sobat akan dihadapkan dengan yang namanya psikotest. Psikotest biasanya dilakukan oleh hampir semua perusahaan tambang terlebih lagi untuk Sobat yang masih dalam tahap freshgraduate. Psikotest bertujuan untuk menilai kemampuan, mental, pencapaian, kepribadian dan juga fungsi neurologis seseorang kandidat. Hasil tes tersebut kemudian dijadikan sebagai rujukan untuk membuat keputusan recruiter. Banyak macam psikotest yang biasanya dilakukan psikolog tergantung dari vendor yang melaksanakan psikotest. Sobat bisa melihat beberapa contoh psikotest yang ada di internet.

7. Wawancara adalah Kunci

Setelah Sobat menyelesaikan tahapan psikotest, biasanya Sobat akan melaksanakan tahapan Interview. Biasanya perusahaan melaksanakan 2 tahapan interview atau juga bisa lebih tergantung kebutuhan perusahaan. Dua tahapan ini adalah interview HRD dan interview user. Jelas terdapat perbedaan antara keduanya. Interview HRD biasanya menanyakan tentang kehidupan sehari-hari selama berkuliah ataupun pengalaman pengalaman selama bekerja dan Sobat juga akan ditanya seputar isi CV yang Sobat kirimkan. Apabila Sobat melewati tahap interview HRD, Sobat akan lanjut ke tahap interview user. Sedikt berbeda dengan HRD, interview user merupakan interview yang dilaksanakan dengan user (pengguna) biasanya atasan yang bekerja langsung dengan Sobat ataupun rekan satu divisi dengan Sobat. Interview user biasanya terkait masalah teknis dan hal-hal yang mengarah ke problem solving serta tidak luput juga pertanyaan terkait pekerjaan yang pernah dilakukan oleh Sobat. Untuk Sobat fresh graduate biasanya akan ditanya perihal “basic knowledge” pada saat di kuliah serta kegiatan internship dan skripsi. Pertanyaan yang biasa ditanyakan terkait interview bisa Sobat cari di mesin pencari google.

8. Fisik juga Penting!

Bekerja di pertambangan membutuhkan fisik yang prima. Sobat akan melewati tahapan yang dinamakan “Medical Check Up” atau biasa disebut MCU. Sobat harus menyiapkan fisik yang prima agar pada tahapan ini Sobat dapat lolos. MCU pada perusahaan biasanya dilakukan di klinik ataupun rumah sakit yang sudah bermitra dengan perusahaan. Hindari makan makanan berlemak serta hal-hal yang dapat menggangu kesehatan Sobat seperti merokok dan begadang. Lakukan yang terbaik di tahap ini, karena kamu satu langkah sangat dekat dengan perusahaan yang kamu impikan.

9. Perbanyaklah Berdoa

Ketika Sobat sudah melakukan yang terbaik, saatnya menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Usaha Sobat haruslah diiringi oleh doa serta restu orang tua. Percaya saja kepada tuhan yang maha esa, bahwa tuhan akan memberikan yang terbaik untuk Sobat. Sobat juga harus meminta restu orang tua sehingga apa yang Sobat impikan dapat tercapai.

10. Pantengin Info Loker di Dunia Tambang

Dunia Tambang menyajikan info loker yang valid dan terpercaya. Loker dikirim setiap hari untuk membantu para pencari kerja dalam mendapatkan informasi kerja dalam satu platform.

Info loker dapat dicek pada https://duniatambang.co.id/Loker

Good luck Sobat, semoga 9 tips diatas bisa membantu Sobat dalam meraih impian Sobat di perusahaan yang Sobat inginkan. Terus berjuang ya Sobat !!!

 

(OP)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !