image

"Tambang Emas Tujuh Bukit yang Dikelola PT Bumi Suksesindo "
Sumber gambar: merdekacoppergold.com

Dunia Tambang / 14 November 2022 / 0 Komentar

EBT Merdeka Copper Gold PLN Tambang Emas 

Merdeka Copper Gold Teken Sertifikat EBT Untuk Tambang Emas Tujuh Bukit

duniatambang.co.id – PT Bumi Suksesindo (BSI) yang merupakan operator tambang emas di Desa Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, sepakat untuk memakai energi terbarukan di kegiatan operasional mereka di Tambang Emas Tujuh Bukit. Komitmen tersebut diwujudukan dengan menggelar acara penandatanganan Perjanjian Jual Beli Sertifikat Energi Terbarukan dengan PT PLN. 

Sertifikat tersebut akan menjadi bukti bahwa tenaga listrik yang bakal dipakai Bumi Suksesindo adalah tenaga listrik hasil produksi PLN yang berasal dari pembangkit listrik energi terbarukan, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang yang ada di Jawa Barat. 

100% Pemanfaatan listrik Bumi Suksesindo untuk operasional Tambang Emas Tujuh Bukit bakal menggunakan energi terbarukan, dengan perjanjian yang terhitung sampai dengan tanggal 31 Desember 2026. 

Penandatanganan perjanjian tersebut sejalan dengan komitmen PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) yang merupakan perusahaan induk dari Bumi Suksesindo, dalam rangka menekan emisi karbon. Merdeka Copper Gold sendiri telah menarget pengurangan emisi Gas Rumah Kaca Lingkup 1 dan 2 sampai dengan 29% di tahun 2030 dan mencapai Net Zero Emission pada tahun 2050. 

Lebih lanjut, adanya sertifikat itu akan menekan emisi Gas Rumah Kaca Lingkup 2, yakni yang secara tidak langsung yang berasal dari pembangkit listrik. 

Sertifikat yang ditandatangani pada tanggal 1 November 2022 kemarin, diteken langsung oleh Direktur PT Bumi Suksesindo, Boyke Poerbaya Abidin dan juga Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banyuwangi Syaifuddin. Acara tersebut dilaksanakan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. 

Acara tersebut juga dihadiri sejumlah perusahaan lain, dan acara itu juga menjadi rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada pekan depan di Bali. 

“Lewat pembelian EBT ini, Grup Merdeka melalui Bumi Suksesindo bakal menekan emisi GRK Lingkup 2 sampai dengan 100% di operasional Tambang Emas Tujuh Bukit Banyuwangi,” pungkas Boyke Abidin.




Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar