image

"Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 4 November 2022 / 0 Komentar

Kendaraan Listrik MIND ID BUMN Pengurangan Emisi Karbon 

Jurus Pemerintah Lewat BUMN dan MIND ID Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

duniatambang.co.id Program peralihan penggunaan kendaraan berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) ke energi listrik terus digencarkan pemerintah, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk bisa mengurangi emisi karbon.

Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN I menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah menggandeng perusahaan BUMN untuk bisa mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai. Sebab, ekosistem kendaraan listrik ini nantinya memiliki potensi yang sangat besar.

“Mulai dari proses produksi, sebagai produsen, Gesit saat ini sudah memiliki pangsa pasar sebesar 18% untuk produksi motor listrik nantinya,” ungkap Pahala.

Menurut Pahala, pengembangan kendaraan listrik, khususnya motor ke depannya adalah sebuah hal yang penting sehingga wajib untuk didukung dan didorong. Terlebih, akan ada penghematan biaya yang cukup besar oleh masyarakat, dari yang sebelumnya menggunakan BBM menjadi listrik.

“Masyarakat nantinya bisa hemat dari Rp1 juta sampai Rp1,5 juta per tahun, apalagi mitra ojek online diperkirakan bisa hemat sampai Rp3 juta tiap tahun. Di sisi lain pemerintah juga akan mendapatkan keuntungan karena mampu mengurangi pemberian subsidi,” tambahnya.

Dalam rangka menggencarkan penggunaan kendaraan listrik ini, Pahala mengatakan bahwa Menteri BUMN sudah menerbitkan surat edaran yang berisi sejumlah himbauan. Pertama, ditujukan kepada para pekerja dan pejabat BUMN untuk tidak lagi membeli kendaraan berbasis BBM. Jadi mereka dihimbau untuk mulai beralih ke kendaraan listrik.

“Karena penghematan pemerintah jelas, BUMN jelas, operasinya jelas, dan harga motor listrik ini juga sama. Ini yang diharapkan bisa diterapkan,” ungkapnya.

Strategi berikutnya adalah dengan mendorong PLN dan Pertamina untuk memaksimalkan aset yang telah dimiliki. Misal, untuk SPBU Pertamina atau Kantor PLN bisa menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan juga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Di sisi lain, MIND ID juga akan terus mendorong program transisi energi, di mana pertama yang bisa dilakukan adalah dengan pengusahaan lahan tambang. Kemudian aspek kepemimpinan pasar serta program dekarbonisasi melalui beberapa scope.

 

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar