image

"Gold Nugget"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 24 October 2022 / 0 Komentar

Resesi Ekonomi Logam Mulia Dampak Resesi Emas 

Hadapi Resesi Ekonomi Tahun Depan, Logam Mulia Masih Direkomendasikan

duniatambang.co.id Sudah banyak pakar dan ahli yang menyampaikan bahwa pada tahun 2023, dunia akan mengalami ketidakpastian yang berujung pada terjadinya resesi. Salah satu pertanda terjadinya resesi ekonomi ini adalah pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang anjlok, yang kemudian berpotensi mempengaruhi kondisi keuangan masyarakat.

“Dampaknya adalah masyarakat akan kehilangan pendapatan, atau setidaknya pendapatannya menurun. Memiliki cadangan cash, akan menjadikan risiko masalah ekonomi cenderung lebih kecil, karena ketika pemasukan menurun, kita masih akan bisa membiayai kebutuhan dari dana itu,” terang Financial Advisor Bareyn Mochaddin.

Pemilik cash secara finansial masih akan aman, dan bahkan mampu memperluas aset yang dimiliki dengan membeli aset riil atau paper karena terjadinya penurunan harga saat resesi. Dana cash yang cukup akan bisa menjadi penyelamat ketika seseorang membutuhkan uang dalam kondisi mendadak.

Meski demikian bukan berarti kemudian tidak melakukan investasi, Bareyn justru mengingatkan supaya investasi disesuaikan dengan kondisi dan tujuan.

“Dalam hal ini, emas selalu bisa menjadi pilihan yang baik. Apalagi jika itu untuk jangka pendek. Sebab di kala resesi atau terjadinya krisis ekonomi, emas cenderung mengalami kenaikan harga,” imbuh Bareyn.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Analis Komoditas Ariston Cendra. Dirinya menyebut bahwa emas bisa menjadi salah satu sarana alternatif investasi ketika resesi. Untuk jangka panjang pun, emas juga direkomendasikan.

Adanya potensi resesi ekonomi yang terjadi pada tahun 2023 nanti, bakal mendorong para pelaku pasar untuk keluar dari kepemilikan aset berisiko, dan seperti yang terjadi pada krisis-krisis sebelumnya, mereka lebih memilih beralih ke aset aman, seperti emas. Hal ini kemudian membuat harga aset berisiko mengalami penurunan.

Logam mulia bisa dijadikan sebagai bagian aset dalam menerapkan diversifikasi investasi. Terlebih sekarang ini, sebagai langkah yang baik untuk menghadapi risiko penurunan ekonomi. Tidak hanya itu, melakukan investasi pada logam mulia saat ini juga semakin mudah dilakukan lewat beragam metode pembelian.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar