image

"Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik"
Sumber gambar: ptfi.co.id

Dunia Tambang / 11 October 2022 / 0 Komentar

Smelter Hilirisasi Tambang PT Freeport Indonesia 

Smelter di Papua, Dijanjikan Mulai Dibangun Setelah Smelter Gresik Rampung

duniatambang.co.id - Pabrik pengolahan atau smelter dipastikan bakal dibangun di Papua oleh Freeport McMoran. Pembangunan bakal mulai dilakukan begitu pabrik pengolahan yang ada di Gresik, Jawa Timur selesai. Diperkirakan, rampungnya pembangunan smelter di Gresik bisa terjadi pada tahun 2024 mendatang.

Richard C Adkerson selaku Chairman of the Board dan CEO dari Freeport McMoran menjelaskan, bahwa Freeport Indonesia (PTFI) pasti bakal membangun fasilitas pengolahan hasil tambang di wilayah Papua. Akan tetapi, pembangunannya harus menunggu lebih dahulu, sebab pihak pemerintah sebelumnya telah meminta perusahaan untuk mempercepat pembangunan smelter yang ada di Gresik.

“Pemerintah sebelumnya telah memberikan peringatan kepada kami untuk bisa bergerak lebih cepat dalam menyelesaikan pembangunan smelter di Gresik,” terang Richard ketika menyampaikan sambutannya dalam acara bertajuk Orasi Ilmiah: Transformasi Ekonomi Melalui Hilirisasi Dengan Kearifan Lokal yang diadakan di Universitas Cenderawasih, Papua.

Richard memang mengaku bahwasanya pembangunan smelter di Gresik akan bisa selesai pada tahun 2023. Namun rencana itu harus mundur hingga tahun 2024 mendatang, akibat adanya wabah pandemi Covid-19, yang membuat kegiatan operasional menjadi terhambat.

“Sebenarnya target sudah 40% komplit, akan selesai pada tahun 2024. Di masa yang akan datang, bakal ada peluang bagi kami untuk bisa membangun fasilitas industri dan kelistrikan guna mendukung pengembangan industri di Papua. Kami memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan hal itu,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Richard juga mengungkap bahwa smelter yang ada di Gresik, bakal menjadi smelter single-line paling besar di dunia. Diketahui, kapasitas pengolahan tembaga bisa mencapai 1,7 juta ton konsentrat setiap tahunnya.

Kapasitas smelter tembaga pertama milik Freeport yang juga berada di Gresik, akan ditingkatkan dari yang sebelumnya hanya 1 juta ton, menjadi 1,3 juta ton per tahun. Termasuk juga fasilitas pemurnian emas dengan kapasitas 6 ribu ton per tahun.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar