Detail Berita


Ayo Kenalan dengan 10 Istilah pada Tambang Bawah Tanah



Tanggal terbit: 05-08-2019

duniatambang.co.id - Tambang bawah tanah atau underground mining adalah sistem penambangan mineral atau batubara yang pengerjaannya dilakukan di bawah tanah. Seluruh aktivitas tambang bawah tanah tidak berhubungan langsung dengan udara terbuka. Pemilihan sistem tambang bawah tanah jika penambangan dengan sistem terbuka tidak ekonomis lagi.

Baca juga: Kejutan di Akhir 2019, Freeport Beralih ke Tambang Bawah Tanah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tambang bawah tanah, Dunia Tambang telah merangkum 10 istilah yang sering digunakan pada tambang bawah tanah

1. Ore

Ore (bijih) adalah bahan galian sejenis batu yang mengandung mineral penting baik itu logam maupun nonlogam yang bernilai ekonomis jika ditambang. Untuk meningkatkan kadar, bijih yang sudah ditambang harus dilakukan pengolahan dan pemurnian.

2. Stope

Stope adalah lokasi penggalian bawah tanah berupa ruangan  yang digunakan untuk mengambil/memindahkan ore yang sudah ditambang.

3. Chute

Chute adalah lubang corong yang bertujuan untuk menumpahkan ore dari level yang lebih tinggi ke level di bawahnya. Cara kerja penumpahan ore ini memanfaatkan gaya gravitasi sehingga ore dapat terjatuh dengan sendirinya.

4. Drift

Drift adalah lubang bukaan yang cenderung horizontal. Drift dibuat dekat dengan endapan bijih dengan arah sejajar dimensi terpanjang endapan bijih

5. Cross Cut

Cross cut adalah lubang bukaan yang cenderung horizontal yang memotong badan bijih. Selain itu, cross cut juga biasanya memotong drift.

6. Winze

Winze adalah lubang bukaan yang cenderung vertikal dibuat dari suatu level/permukaan ke level yang lebih rendah dari level di atasnya.

7. Shaft

Shaft adalah lubang bukaan yang cenderung vertikal yang masuk kedalam sebuah tambang. Shaft dapat dijadikan sebagai jalan tambang.

8. Level

Level adalah sistem lubang bukaan yang arahnya horizontal yang dihubungkan dengan shaft. Level digunakan untuk akases para pekerja, alat, dan pengangkutan ore.

9. Raise

Raise adalah lubang bukaan vertikal atau agak miring yang dibuat dari level bawah ke level yang lebih tinggi. Raise adalah kebalikan dari winze.

10. Vein

Vein atau yang sering disebut dengan urat bijih adalah suatu zona mineralisasi yang memiliki bentuk menyerupai seperti urat. Vein pada umunya miring agak tajam terhadap bidang datar.

Dengan mengenali 10 istilah di atas, Sobat dapat mempelajari sistem tambang bawah tanah menjadi lebih mudah untuk dipahami.

 

(MS)

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !