image

"Peresmian 5G Underground Smart Mining di PT Freeport Indonesia"
Sumber gambar: instagram.com/jokowi

Dunia Tambang / 13 September 2022 / 0 Komentar

Digitalisasi Tambang 5G Smart Mining PT Freeport Indonesia Jokowi 

Dukung Kemajuan Industri Pertambangan di Indonesia, Jokowi Resmikan 5G Smart Mining di Freeport

duniatambang.co.id – Kamis, 1 September 2022, Presiden Joko Widodo telah meresmikan teknologi 5G Undergorund Smart Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI). Teknologi 5G Smart Mining ini merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT Freeport Indonesia.

Menurut Jokowi, penerapan teknologi 5G Smart Mining ini merupakan teknologi yang pertama diterapkan di Asia Tenggara yang diharapkan mampu membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan ditingkat global.

“Hari ini, kita buktikan bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju melalui penerapan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia, bekerja sama dengan PT Telkomsel dalam rangka mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh, serta meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia” ungkap Jokowi.

Dengan teknologi 5G Smart Mining ini, aktivitas tambang bawah tanah dapat dimonitor melalui kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan, sehingga dapat mencegah dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

Penerapan teknologi 5G pada sektor pertambangan ini juga dapat meningkatkan produktivitas yang mana telah terlihat di beberapa negara. Hal ini disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Kalau kita lihat dari yang kita pelajari dari Deloitte Internasional di mana 5G ini sudah berjalan di Amerika Serikat, Swedia, Tiongkok dan Rusia di mana hasilnya meningkatkan produktivitas sampai 25%, biaya operasional khususnya pengeboran turun 40% dan tentu penghematan energi 20%,” tuturnya.

Adapun Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, menyampaikan bahwa penerapan teknologi 5G ini sangat tepat untuk membantu pengembangan tambang dengan risiko yang tinggi.

 


Penulis: Anrischa P

Editor: Mayang Sari.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar