image

"Stockpile lithium di Australia"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 12 September 2022 / 0 Komentar

Lithium Harga Lithium Cina Kendaraan Listrik Electric Vehicle Battery 

Harga Lithium Cina Mendekati Rekor Tertinggi Akibat Pemadaman Yang Terus Berlanjut

duniatambang.co.id - Harga lithium di Cina mendekati rekor tertinggi akibat krisis listrik di wilayah pusat negara itu, karena semakin meningkatnya permintaan akan baterai kendaraan listrik. Kondisi itu dinilai mengancam pasar yang saat ini sudah semakin ketat.

Sichuan, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1/5 produksi lithium Cina, memperpanjang jadwal pemadaman listrik industri pada pekan ini, di tengah gelombang panas paling intens dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun terakhir. Gangguan pasukan di provinsi tersebut bakal semakin memperkuat reli logam baterai pada tahun lalu, dengan harga lithium karbonat di awal pekan ini telah mencapai level tertinggi sejak bulan April lalu, sebesar $70.610 per ton.

“Kami memperkirakan momentum reli harga lithium akan terus bertahan untuk sementara waktu, dan harga spot untuk lithium karbonat akan segera mengalami kenaikan menjadi 500 ribu yuan untuk setiap ton-nya. Pembuat kendaraan listrik dan produsen baterai harus bisa menghadapi masalah biaya yang tinggi ini,” ungkap Susan Zou, analis di Rystad Energy.

Sementara itu, Leah Chen, analis di S&P Global Commodity Insights, mengatakan bahwa pemadaman listrik akan mengarahkan pasar pada kondisi ketidakseimbangan yang lebih besar. Sektor lithium, yang menjadi bagian penting dalam transisi energi bersih, merupakan salah satu industri yang paling terdampak pembatasan pasokan listrik di Sichuan.

Harga yang mendekati rekor mungkin juga akan memberikan efek riak bagi para pemain di hilir, dengan harga baterai kendaraan listrik diperkirakan akan naik pada tahun ini, untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade terakhir.

“Apabila pemadaman listrik terus diperpanjang, maka itu akan bisa memunculkan kekhawatiran pasokan yang lebih jelas dan mungkin mendorong harga lithium semakin tinggi lagi,” tutur Chen.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar