image

"Ilustrasi smelter baja"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 6 September 2022 / 0 Komentar

Hilirisasi Tambang Jokowi Nikel Ekspor Nikel Baja

Jokowi Minta Lebih Banyak Pelaku Usaha Masuk ke Industri Hilir Tambang

duniatambang.co.id - Presiden Joko Widodo meminta kepada pelaku usaha nasional, untuk mau terjun ke ekosistem industri hilir pertambangan. Apabila memang tidak mampu untuk melakukannya sendiri, Jokowi mempersilahkan mereka untuk menggandeng investor asing.

“Bapak Ibu kalau memang ternyata tidak siap melakukan hilirisasi, bisa mencari partner. Mudah mulai sekarang. Tiap harinya itu banyak orang asing yang ingin sekali berinvestasi, entah itu Korea Selatan, Jepang, Cina, maupun Eropa,” ungkap Jokowi.

Jokowi kembali menegaskan bahwa penguatan industri hilir merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya, hal tersebut memiliki tujuan untuk bisa menciptakan nilai tambah yang tinggi di dalam negeri, sehingga pada akhirnya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Manfaat dari penguatan industri hilir itu sendiri telah dibuktikan melalui diberlakukannya kebijakan penutupan keran ekspor nikel mentah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemaksimalan pada industri pengolahannya. Jokowi menjelaskan bahwa ketika nikel masih dijual dalam bentuk mentah, di tahun 2015 nilai ekspornya hanya sebesar $1,1 miliar saja. Namun pada tahun 2021 ketika pemerintah mewajibkan ekspor nikel dalam bentuk jadi atau setengah jadi, nilai ekspornya pun meningkat drastis menjadi $20,8 miliar.

Berkat kebijakan pelarangan ekspor nikel dalam bentuk mentah tersebut, defisit neraca perdagangan dengan Cina mampu ditekan. BPS mencatat pada tahun 2012, Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan sampai dengan $7,7 miliar. Kemudian di tahun 2021, jumlahnya menyusut drastis menjadi $2,4 miliar.

“Hal ini bisa terjadi karena kita sudah mampu mengirimkan besi baja ke luar negeri. Pada tahun ini saya memastikan bahwa perdagangan dengan Cina, neraca dagang kita sudah bisa mulai mengalami surplus,” pungkas Jokowi awal pekan ini.

 

 


Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar