image

"Ilustrasi pengisian baterai kendaraan listrik"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 31 August 2022 / 0 Komentar

Aneka Tambang Proyek Kendaraan Listrik Pertambangan Nikel EV 

Aneka Tambang Paparkan Progress Proyek Baterai Kendaraan Listrik

duniatambang.co.id - PT Aneka Tambang memberikan pemaparan terkait progress dari pengembangan proyek baterai kendaraan listrik, yang dijalankan dengan menggandeng sejumlah mitra. Mulai April lalu, Aneka Tambang telah meneken perjanjian kerjasama dalam proyek baterai kendaraan listrik terintegrasi bersama dengan PT Industri Baterai Indonesia (IBC) dan PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co., Ltd (CBL).

“Pada kaitanya atas proyek pengembangan baterai kendaraan listrik, pada bulan April lalu kita telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerangka kerja bersama dengan IBC, juga dengan pihak CBL serta LGES,” terang Direktur Pengembangan Usaha Aneka Tambang, Dolok Robert Silaban ketika menyampaikannya pada jumpa pers usai menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Aneka Tambang.

Lebih lanjut Dolok menjelaskan bahwa progress dari proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan, bersama dengan sejumlah mitra. Adapun, lingkup yang bakal dikerjakan dalam proyek itu mulai dari area hulu, yang mencakup kegiatan penambangan, pengolahan nikel dan produksi bahan baku pembuatan baterai, termasuk juga daur ulang dari baterai tersebut.

Aneka Tambang berharap dengan adanya kerjasama ini, pihaknya akan mampu membantu merealisasikan cita-cita bangsa, di mana salah satunya adalah menjadi pemain penting dalam industri baterai dunia. Selain itu juga agar bisa mempercepat tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dan menyediakan lapangan kerja baru guna meningkatkan TKDN serta tingkat kompetisi industri kendaraan listrik dalam negeri.

“Dengan disepakatinya kerjasama tersebut, tentu yang diharapkan adalah agar bisa mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi salah satu pemain baterai paling besar di dunia, serta mengakselerasi pertumbuhan ekosistem EV dan membuka lapangan kerja baru, termasuk tingkat kompetitif dari industri kendaraan listrik dalam negeri, dan pemanfaatan baterai untuk kebutuhan lainnya juga,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar