image

"West Mulia Coal Port Harbor PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk "
Sumber gambar: astrindonusantara.com

Dunia Tambang / 30 August 2022 / 0 Komentar

Tambang Jembayan PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk  PTT Mining Ltd Hong Kong 

Tambang Jembayan Bakal Dioperasionalkan Lebih Cepat Tahun Ini

duniatambang.co.id - Operasional proyek tambang Jembayan yang ada di Kalimantan Timur, direncanakan akan dimulai lebih cepat. Hal ini disampaikan oleh PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI), selaku pihak yang mengerjakan proyek tersebut.

Direktur Astrindo Nusantara Infrastuktur, Michael Wong mengatakan bahwa proyek yang merupakan akuisisi dari PTT Mining Ltd Hong Kong itu rencananya bakal mulai dioperasionalkan di bulan November mendatang.

Adapun, nilai akuisisi Astrindo Nusantara Infrastruktur dengan PTT Mining Ltd Hong Kong itu diketahui sebesar $471 juta, yang mencakup konsesi batu yang ada di 5 tempat. Lima tempat tersebut yakni, Brunei Darussalam, Madagaskar dan tiga lainnya berada di Pulau Kalimantan.

Untuk yang ada di Pulau Kalimantan yaitu di wilayah Jembayan, Penajam dan Sebuku, nilai konsesi totalnya mencapai 1.429 juta ton batu bara. Rencana akuisisi itu sendiri sudah dilaksanakan sejak bulan September 2021 lalu. Namun dikarenakan proses tender yang lama sampai dengan tiga tahap, proyek itu baru bisa direalisasikan di tahun ini.

Lokasi Jembayan yang dijadikan sebagai lokasi pertambangan batu bara dipilih, karena melihat kualitas kalori batu bara yang diketahui antara 5.200 kkal per kilogram sampai dengan 5.400 kkal per kilogram.

“Kami menginginkan kalau bisa proyek itu dimulai lebih awal. Kami tertarik dengan proyek Jembayan, karena produksi batu baranya cukup stabil, berkisar antara 6 juta ton untuk setiap tahunnya,” terang Michael.

Di sisi lain, Jembayan diketahui juga telah menjalin kerjasama kontrak dengan penambang batu bara lainnya yang memiliki infrastruktur yang lengkap. Jadi dalam kondisi ini, pihak Astrindo Nusantara Infrastruktur tinggal melanjutkan apa yang sudah tersedia.

Proyek akuisisi dari PTT Mining Ltd Hong Kong ini sendiri adalah sebuah proyek Game Changer bagi pihak Astrindo Nusantara Infrastruktur. Pasalnya, dari proyek tersebut diproyeksi akan mampu memberikan sumbangan pendapatan keseluruhan perusahaan sampai dengan 80%.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar