Detail Berita


Bangun Smelter Dekat Lokasi Tambang, Ada Untungnya



Tanggal terbit: 03-08-2019

duniatambang.co.id – Kekayaan emas dan tembaga PT Freeport Indonesia merupakan aset berharga yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kekayaan alam ini semestinya pula dapat mengkayakan bangsa Indonesia terutama mensejahterakan masyarakat di lokasi tambang PT Freeport Indonesia.

Baca juga: Kejutan di Akhir 2019, Freeport Beralih ke Tambang Bawah Tanah

Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno, menyarankan agar PT Freeport Indonesia membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) dekat dengan lokasi penambanagan. Rini sempat mengunjungi tambang emas Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia di Papua Barat beberapa waktu lalu.

Pembangunan pabrik smelter yang dekat dengan lokasi tambang dimaksudkan agar masyarakat di dekat lokasi tambang bisa mendapatkan manfaat dari kekaayaan alamnya  yang dikeruk. Dengan dibangunnya pabrik smelter akan menyerap tenaga kerja baru khusus untuk masyarakat lokal.

Sayang, pembangunan smelter saat ini lebih terpusatkan di pulau Jawa. PT Freeport Indonesia tengah membangun pabrik Smelter di Gresik, Jawa Timur. Sebetulnya, ketika kegiatan pertambangan terintegrasi hulu dan hilir lebih menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan dapat menekan biaya transportasi untuk mengangkut bahan baku  dari lokasi penambangan ke pabrik smelter.

Baca juga: Freeport Mulai Membangun Smelter di Gresik 2020

Ujungnya, pembangunan smelter dekat lokasi tambang dapat menggerakkan roda perekonomian daerah penghasil tambang. Alhasil, pembangunan smelter dekat lokasi tambang dapat membantu peningkatan pertumbuhan pemerataan ekonomi nasional.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !