image

"Plant Linde di U.S"
Sumber gambar: linde.com

Dunia Tambang / 15 August 2022 / 0 Komentar

Smelter Linde Indonesia PT Freeport Indonesia 

Linde Indonesia Siapkan Dana Rp1,5 Triliun Untuk Pasok Gas Ke Smelter Freeport

duniatambang.co.id - Linde Indonesia dikabarkan baru saja meneken perjanjian kerjasama yang mewajibkan perusahaan untuk menyediakan pasokan gas industri ke PT Freeport Indonesia, dengan tingkat kemurnian yang tinggi. Untuk memenuhi kewajiban ini, Linde Indonesia mengatakan pihaknya bakal menginvestasikan dana yang nilainya lebih dari $100 juta, yang setara dengan Rp1,5 triliun.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Linde Indonesia, dana sebesar itu nantinya akan ditujukan pada kegiatan pembangunan, pengelolaan kepemilikan serta pengoperasian unit pemisahan udara, guna memasok gas oksigen dan nitrogen, ke fasilitas smelter tembaga Freeport Indonesia yang berada di Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Diketahui, fasilitas pemurnian dan pengolahan tembaga yang ada di Gresik itu adalah kawasan smelter tembaga paling besar di dunia. Fasilitas tersebut nantinya ditujukan untuk memproses konsentrat yang didapatkan dari tambang Grasberg yang dikelola oleh Freeport Indonesia.

Fasilitas Linde Indonesia di kawasan smelter Gresik itu bisa mulai beroperasi pada akhir semester pertama tahun 2024, dan bakal menjadi salah satu unit pemisahan udara paling besar di Indonesia.

Secara teknis, unit pemisahan udara tersebut didesain sedemikian rupa untuk bisa menerapkan teknologi mutakhir dari Linde Indonesia, yang mencoba menghadirkan metode pemisahan dengan efisiensi energi yang lebih baik. Gas oksigen yang diproduksi Linde, bisa dimanfaatkan untuk pemurnian konsentrat tembaga, yang merupakan satu dari sekian langkah awal proses produksi katoda tembaga. Katoda tembaga sendiri, banyak digunakan sebagai bahan komponen di beragam sektor industri.

“Kami merasa bangga karena mampu mendukung Freeport Indonesia yang sejalan dengan prakarsa perusahaan dalam strategi ekspansi kapasitas produksi. Tembaga memiliki peran yang sangat penting dalam proses elektrifikasi transportasi dan industrialisasi. Kami sangat menyambut baik untuk bisa bermitra dengan Freeport Indonesia dalam proyek terkemuka ini,” terang Presiden Direktur dari Linde Indonesia, Filipina dan Vietnam, Vinayak Kembhavi.

 

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar