image

"Coal mine in Scotland, UK"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 10 August 2022 / 0 Komentar

Batubara Cina Penggunaan Batubara di Cina 

Dominasi Batu Bara di Cina Masih Akan Terjadi Hingga Lebih Dari 1 Dekade Mendatang

duniatambang.co.id - Di tengah semakin gencarnya banyak pihak yang mengkampanyekan global warming, sejumlah berita dari industri pertambangan menyebutkan bahwa batu bara masih akan tetap menjadi sumber energi andalan Cina, hingga satu dekade atau lebih ke depan.

“Dominannya peran batu bara tidak mungkin akan berubah dalam waktu 10 sampai 15 tahun ke depan di Cina,” ungkap Zhang Hong, Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Batubara Nasional Cina.

Cina yang memproduksi lebih dari separuh batu bara di dunia, mengatakan bahwa konsumsi emas hitam itu tidak akan mencapai puncaknya sampai dengan tahun 2025 mendatang. Pada saat itu tiba, permintaan tahunan akan mengalami peningkatan sebesar 4%, menjadi 4,3 miliar ton. Di tahun 2030, negeri Tirai Bambu itu masih akan mengkonsumsi sampai dengan 4 miliar ton batu bara, hampir tidak kurang dari yang digunakan sekarang ini. Ditambah lagi pemerintah setempat yang membuka lagi banyak tambang batu bara, kapasitas kemungkinan tetap akan berada jauh di atas permintaan yang diproyeksikan berada di angka 5 miliar ton.

Untuk semua upaya peningkatan energi bersih di Cina secara besar-besaran, kampanye energi hijau akan menjadi tantangan utama atas masalah keamanan energi, utamanya setelah terjadinya kekurangan daya yang telah melumpuhkan negara itu pada tahun lalu, dan lonjakan harga yang disebabkan oleh invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Pada kesempatan yang sama, Wang Zhixuan yang merupakan salah seorang pejabat di Dewan Listrik Cina mengatakan bahwa, intermiten yang melekat pada energi terbarukan sebagai “Gray Rhino” atau resiko yang jelas namun masih diabaikan, yang bisa menghantam jaringan listrik jika tidak ada batu bara sebagai pendukungnya.

“Pengalihan energi secara aman adalah dasar untuk menghentikan penggunaan batu bara secara bertahap. Tujuan kampanye energi hijau tidak akan tercapai hanya dengan perbaikan satu kali saja,” jelas Wang Zhixuan.

 


Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar