Detail Berita


Indonesia Raih Juara Ajang Kecelakaan Tambang MIREC 2019 di Malaysia



Tanggal terbit: 02-08-2019

duniatambang.co.id – Malaysia baru saja mengadakan pergelaran kompetisi MIREC 2019 “First Malaysia International Rescue Extrication Challenge”. Ajang tersebut diadakan di Sunway Velocity Mall, Kuala Lumpur yang berlangsung pada 18-19 Juli 2019 diikuti oleh tujuh negara. Indonesia berhasil meraih Second Best Overall Team. Penghargaan tersebut juga diserahkan kepada Tim Garuda oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara pada Pertemuan KTT seluruh Indonesia pada tahun 2019.

Indonesia mendapat undangan melalui Kementerian ESDM untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Kemudian membentuk tim yang dinamakan Garuda Mine Rescue Team (GMRT) sebanyak 8 orang yang merupakan gabungan dari beberapa perusahaan General Mining, Oil & Gas and Industry yang bekerja di Department Emergency Preparedness & Response di lokasi tambang yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Hati-Hati Tambang Ilegal Bisa Buat Nyawa Melayang, Ini Buktinya

Tim Garuda terdiri dari Irwan Hakim (team manager), Andi Henry Achmad (team instructor), Fredy Tandilolo (assistant instructor), Syafwanuddin (team captain), Abid Dhamar Waskito (rescuer 6), Wingston Kaemor (rescuer 7), FX Insmanto (paramedic 1), dan Andi Wahyu Susilo (paramedic 2).

Kompetisi tersebut memperagakan penyelamatan korban dari kendaraan yang mengalami kecelakaan. Skenario dibuat berupa tabrakan mobil, kemudian terdapat satu korban yang dibuat seolah berdarah dan terluka. Peserta kompetisi diberikan tugas untuk meggunakan alat-alat yang disediakan berupa alat alat ekstrikasi (spreader), alat potong, dan alat penyelamatan lainnya. Peserta kompetisi memikirkan strategi evakuasi atau pengeluaran korban dengan cara yang aman kemudian melakukan penanganan lanjut terhadap korban ke rumah sakit.

Aplikasi dari perlombaan ini adalah melakukan penyelamatan dari suatu insiden/ kecelakaan yang terjadi di lokasi penambangan maupun komunitas yang berada di sekitar area tambang, seperti High Angle Rescue, Motor Vehicle Accident, Confined Space Rescue, Water Rescue Accident, dan jenis kecelakaan lainnya.

Skenario Kompetisi Mirec 2019
                 Skenario Kompetisi Mirec 2019

Meski hanya latihan selama dua hari di Jakarta, Indonesia mampu menjadi terbaik kedua dalam kompetisi tersebut. “Pemain dari tim Garuda bermain santai dan sudah terbiasa menangani hal tersebut. Tim Garuda merupakan tim asesor yang sudah berpengalaman melatih tim di perusahaannya masing-masing sehingga cukup refresh saja.” Ungkap Fredy Safety Superintendent PT Amman Mineral Nusa Tenggara kepada Dunia Tambang.

Indonesia juga ada kompetisi tahunan yang serupa yaitu Board Of Directors Indonesian Fire & Rescue Challenge. Kegiatan ini ditujukan untuk saling belajar satu dengan yang lain, berbagi ilmu fire-rescue tingkat lanjut, mencegah korban jiwa dan cidera dalam membantu upaya penyelamatan korban.

Tim yang berlambangkan Burung Garuda ini juga tengah mempersiapkan untuk mengikuti kompetisi keselamatan tambang di Australia pada November mendatang. Tim Garuda berharap agar menjadi garda terdepan dalam merespon kejadian darurat di lokasi dan area kerja pertambangan.

 

(MS)

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !