Detail Berita


Makin Menipis, Cadangan Batubara Indonesia Tidak Sampai 100 Tahun Lagi



Tanggal terbit: 01-08-2019

duniatambang.co.id – Batubara mengalami penurunan harga yang cukup drastis sepanjang semester satu tahun 2019. Meski mengalami penurunan, batubara masih memberikan kontribusi yang besar dalam menyumbang devisa negara. Batubara merupakan kekayaan Indonesia yang patut diperhitungkan di mata dunia.

Pada akhir tahun 2018, data yang disampaikan oleh BP Statiscal Review of World Energy, cadangan terbukti batubara Indonesia sebesar 26 miliar ton. Indonesia menyumbang 3,5% cadangan terbukti batubara dunia.

Baca juga: Jangan Lewatkan, Posisi Penting Indonesia dalam Pasar Batubara Dunia

Sementara, cadangan terbukti batubara Indonesia hingga Juni 2019 sebesar 41 miliar  ton, disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, mengatakan, produksi batubara Indonesia masih dalam batas aman hingga tahun 2100. Artinya, umur cadangan batubara Indonesia berkisar sekitar 80 tahun lagi.

Produksi batubara perlu dikontrol setiap tahunnya agar umur cadangan bisa dikendalikan. Pemerintah harus bijak dalam memberikan Izin Usaha Pertambangan (IUP) mengingat pemegang IUP di daerah terus bertambah.

Saat ini, eksplorasi pertambangan terutama batubara di Indonesia masih tergolong minim. Untuk meningkatkan jumlah cadangan terbukti batubara Indonesia, diperlukan eksplorasi yang lebih luas di seluruh daerah Indonesia.

 

(MS)

Berita serupa
Berikan Komentar

Kunjungi web Advertising kami !