Detail Berita


Pembangunan IMIP: Selamat Datang Era Lithium!!



duniatambang.co.id – Seiring dengan berkembangnya industri pertambangan nikel di Morowali, dibangunlah pabrik baterai lithium di Morowali dengan total investasi 56 triliun rupiah. Fasilitas ini dibangun untuk menunjang pengolahan nikel yang sedang marak ditambang di Morowali.

Baca juga: Penambang Nikel ‘Happy’, Tiga Smelter Nikel Dipastikan Beroperasi Tahun Ini

IMIP didirikan pada tanggal 19 September 2013 dengan modal dasar tercatat 40 Milyar Dolar (USD). IMIP memiliki tiga pemegang saham: Shanghai Decent Investment Group (49,69%), PT Sulawesi Mining Investment (25%), dan PT Bintangdelapan Investama (25,31%).

Komplek industri ini dibangun diatas tanah seluas hampir 47.000 hektar dan dilengkapi dengan pembangkit listrik 2x65 MW. Pembangunan komplek industri ini dilirik beberapa perusahaan seperti LG, Volkswagen (VW), Mercedes, dan dll.

Pembangunan IMIP ini diharapkan dapat menunjang kebutuhan dunia khusus Indonesia sebagai salah satu produsen baterai lithium yang digunakan untuk kendaraan listrik yang diogadang-gadang kedepan dapat menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil.

Baca juga: Menilik Lebih Jauh Fenomena Battery Boom

Pembangunan pabrik pengolahan baterai ini tentu menyegarkan industri pertambangan khususnya nikel. Dengan adanya aturan menganai mobil listrik kedepan dan juga ditunjang dengan pabrik baterai, Indonesia dapat menjadi tempat yang “menggiurkan” untuk para investor berinvestasi di Indonesia.

(FPL)