image

"Tambang Emas PT Archi Indonesia"
Sumber gambar: archiindonesia.com

Dunia Tambang / 14 June 2022 / 0 Komentar

Emas PT Archi Indonesia Pendapatan Profit Peningkatan Laba

Pendapatan Archi Kuartal Pertama Tahun Ini Tembus Rp1,16 Triliun

duniatambang.co.id PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) mencatatkan pendapatan sebesar $80,1 juta atau sekitar Rp1,16 triliun pada kuartal pertama tahun 2022. Pendapatan tersebut mengalami kenaikan sebesar 37% dari pendapatan dalam periode yang sama untuk tahun 2021 yang sebesar $5,85 juta.

Adapun kenaikan pendapatan Archi Indonesia disokong oleh adanya peningkatan pada volume penjualan emas perusahaan, yang jumlahnya lebih besar dari yang sebelumnya hanya sebesar 30,7 kilo ons, menjadi 42,2 kilo ons. Selain itu juga kenaikan harga rata-rata penjualan emas.

Perusahaan juga mengalami kenaikan EBITDA sebesar 10% menjadi $29,1 juta serta laba tahun berjalan meningkat 13% menjadi $9,5 juta, apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Sementara itu, naiknya profitabilitas perusahaan, utamanya dikarenakan pendapatan yang lebih tinggi dan biaya kegiatan pertambangan yang menurun. Perusahaan juga tengah memfokuskan diri pada upaya pembukaan kembali tambang pit Araren, yang sebelumnya terdampak bencana alam pada awal tahun ini.

Utang bersih perusahaan mengalami penurunan dari yang sebelumnya diketahui sebesar $296,9 juta per tanggal 31 Desember 2021, menjadi $285,9 juta pada catatan per tanggal 31 Maret 2022. Arus kas bersih dari kegiatan operasional tercatat sebesar $36,4 juta, yang berasal dari pelanggan sebesar $8,1 juta, kemudian diimbangi dengan pembayaran kepada kontraktor serta pemasok yang jumlahnya mencapai $26,2 juta.

Capital Expenditure perusahaan sepanjang periode tersebut jumlahnya mencapai $14,1 juta, yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar $36,3 juta. Lebih rendahnya capex ini seiring dengan langkah perusahaan yang menundah sejumlah proyek pengembangan, untuk berfokus pada kegiatan perbaikan pit yang terdampak bencana alam tersebut.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar