image

"Power Towers "
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 13 June 2022 / 0 Komentar

Smelter PLN Listrik Hilirisasi Mineral Pertambangan

PLN Nyatakan Siap Pasok Listrik Untuk 6 Smelter

duniatambang.co.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan kesiapannya untuk menyediakan pasokan listrik yang bisa diandalkan. Lebih lanjut, pasokan listrik itu ditujukan kepada enam perusahaan pengolahan dan pemurnian hasil tambang yang ada di Pulau Sulawesi.

Besaran pasokan listrik yang bakal disediakan oleh PLN untuk keenam perusahaan tersebut mencapai 3.168 MVA. Kesiapan penyediaan pasokan listrik ini sejalan dengan langkah pemerintah, yang selama ini menggaungkan sejumlah proyek untuk bisa meningkatkan nilai tambah pada produk pertambangan di dalam negeri, yang salah satunya melalui hilirisasi mineral.

PLN untuk wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara menjelaskan bahwa fasilitas smelter adalah salah satu dari sekian proyek strategis yang diutamakan, untuk bisa memberikan dukungan dan dorongan dalam proyek hilirisasi mineral.

Sebelumnya, penandatanganan MoU juga telah diselesaikan dengan 6 pelanggan KTT Regional Sulmapana, untuk penyediaan listrik dengan total dayanya mencapai 3.168 MVA itu. Adapun keenam perusahaan yang dimaksud adalah, PT Sarana Mineralindo Perkasa dengan pasokan listrik sebesar 90 MVA, PT Gorontalo Mineral 100 MVA, PT Kawasan Industri Mongondow 1.000 MVA, Huayou International Mining 1.743 MVA, PT Indo Nickel Industri 85 MVA serta PT Aneka Tambang UBPN Sultra 150 MVA.

PLN juga mengatakan bahwa adanya pemulihan atas kondisi ekonomi setelah badai pandemi Covid-19, mampu memberikan bukti mengenai adanya peningkatan kebutuhan listrik domestik. Sesuai dengan komitmen PLN juga, bahwa pihaknya akan memastikan ketersediaan pasokan listrik ke seluruh pelosok negeri, yang diharapkan akan mampu menjadi katalis pertumbuhan perekonomian, termasuk juga menciptakan dampak berantai.

Komitmen tersebut nantinya bakal dituangkan dalam Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik, sebagai klausul ketepatan waktu pelayanan. Dengan demikian, perusahaan pemilik fasilitas smelter bisa mengalihkan fokus sepenuhnya dalam bisnis inti mereka.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar