image

"Ilustrastion of transporting coal by rail"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 10 June 2022 / 0 Komentar

Batubara PT KAI Sumatera Selatan Distribusi Optimalisasi

Gandeng Pemprov Sumsel, PT KAI Bakal Kembangkan Sarana Angkutan Batu Bara

duniatambang.co.id - Upaya PT Kereta Api Indonesia untuk memudahkan ketersambungan sarana transportasi kereta api untuk kegiatan pengangkutan batu bara di Sumatera Selatan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Herman Deru, selaku Gubernur Sumatera Selatan menyebut bahwa apa yang dilakukan PT KAI, akan menjadikan akses dari dan menuju area pertambangan batu bara menjadi lebih cepat dari sebelumnya. 

Kemudahan dan semakin cepatnya akses tersebut juga seiring dengan Peraturan Gubernur Sumatera Selatan No.74 Tahun 2018. Pihak Pemprov pun berharap dengan adanya jalur transportasi khusus untuk pengangkutan batubara yang dioptimalkan, nantinya tidak lagi mengganggu jalur yang selama ini digunakan oleh masyarakat.

Keberadaan jalur khusus untuk kegiatan pengangkutan batu bara juga dinilai menjadi sarana yang penting, dalam memperlancar pendistribusian komoditas batu bara, termasuk juga memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang berada di sekitar area pertambangan.

Lebih lanjut Herman Deru mengatakan bahwa nantinya bukan tidak mungkin optimalisasi sarana pengangkutan batu bara itu dengan membuat jalur baru, tetapi juga menambah jumlah rel yang sudah ada. Pihak Pemprov Sumsel juga akan memberikan dukungan kepada PT Priamanaya Djan Internasional yang memanfaatkan Stasiun Sukacita yang ada di Kabupaten Lahat sebagai lokasi bongkar muat. Sementara itu PT KAI sebagai pihak yang menyediakan rel, lokomotif serta kontainer-nya. 

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo turut melakukan kunjungan dalam rangka kegiatan peninjauan lokasi yang berpotensi digunakan sebagai kawasan pengembangan angkutan batu bara tersebut. Pihaknya mengaku akan menggandeng pihak Forkopimda guna mencari solusi dari sejumlah permasalahan, utamanya soal aset yang ada di wilayah Divre III Palembang.

Kegiatan kunjungan dan pertemuan itu pun diharapkan oleh PT KAI untuk bisa dijadikan sebagai momentum awal, untuk secara bersama-sama dengan Pemprov Sumsel meraih sejumlah hal positif ke depannya.

  

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar