image

"Penampakan berlian raksasa the rock yang memesona di swiss"
Sumber gambar: detik.com

Dunia Tambang / 30 May 2022 / 0 Komentar

Mineral Berlian 

Berlian Putih Terbesar di Dunia Terjual Rp316 Miliar

duniatambang.co.id - Rumah lelang Christie’s, Jenewa, Swiss, kembali berhasil menjual berlian putih seukuran telur dengan harga US$21,75 juta atau sekitar Rp. 316 Miliar pada Rabu (11/05/2022). Berlian yang diberi nama The Rock ini merupakan berlian kelas atas karena hampir tidak memiliki warna, sehingga menjadikannya bertambah mahal. Adapun kisaran harga pra-penjualan berlian ini pun berada di angka US$ 19,1 – 30,1 juta.

Merujuk dari website detik.com, berlian The Rock 228, 31 karat dengan berat kotor 61,3 gram ini memiliki ukuran 5,4 cm x 3,1 cm. Berlian ini ditambang  dan dipotong di Afrika Selatan sejak lebih dari dua puluh tahun lalu yang kemudian ditampilkan di Rumah Lelang Christie pada 6 Mei 2022. Untuk saat ini, The Rock diklaim merupakan berlian putih terbesar didunia yang dilelang.

Tidak hanya berlian putih, disaat bersamaan Rumah Lelang ini juga melelang berlian ‘Red Cross’ 205,07 karat berwarna kuning. Berlian kuning ini terjual dengan harga US$ 14,28 juta atau setara dengan Rp. 207 miliar.

Berlian sendiri merupakan salah satu perhiasan yang memiliki harga yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, berlian merupakan batu mulia yang memiliki kekerasan tertinggi dalam Skala Mohs (skala kekerasan mineral) dengan proses pembentukannya yang sangat lama. Selain itu, proses pemotongan berlian juga membutuhkan alat dan teknologi yang modern, serta membutuhkan keahlian khusus dalam melakukan prosesnya. Itulah kenapa berlian selalu menjadi primadona walau dengan harga yang sangat fantastis.

Max Fawcett, Kepala Perhiasan Rumah Lelang Christie’s mengatakan bahwa sebagian hasil dari penjualan berlian ini akan disumbangkan untuk kepentingan sosial, yaitu ke Palang Merah Internasional yang berada di Jenewa.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar