Detail Berita


Gaji Freshgraduate 8 Juta? Intip Gaji Freshgraduate Miners



duniatambang.co.id – Maraknya pernyataan lulusan sebuah universitas yang menolak Rp 8 juta per bulan, membuat para netizen tergeleng-geleng. Pasalnya banyak fresh graduate yang memiliki gaji pertama kurang dari itu. Seberapa besar kebanyakan gaji fresh graduate khususnya pertambangan?

Seorang fresh graduate, tanpa pengalaman memiliki gaji yang berbeda dengan yang mempunyai pengalaman. Seorang yang sudah lebih “senior” dengan pengalaman yang lebih kaya tentu akan memiliki gaji yang lebih tinggi ketimbang dengan yang tidak. Pasalnya setiap perusahaan memiliki rentang yang berbeda-beda untuk gaji mereka masing – masing.

Dirangkum dari BPS (Badan Pusat Statistik), seorang lulusan universitas dengan waktu kerja 8 jam/hari kerja memiliki Rp 5.060.039. Dengan gaji sebesar ini seorang lulusan universitas tanpa tangguhan juga dikenakan pajak PPh pasal 21. Misal dengan gaji Rp 8 juta per bulan yang dikenakan pajak PPh Pasal 21 yang dibayarkan setiap bulan Rp 155.000 atau Rp 1,86 juta per tahun.

Berbanding jauh dari gaji fresh graduate rata - rata, dilansir dari idntimes.com (Inilah 10 Acuan Gaji Pekerjaan Tertinggi di Indonesia, Ada Profesimu Gak?), seorang lulusan fresh graduate yang bekerja di sektor pertambangan dapat merasakan gaji sebesar Rp 10 juta sampai Rp 40 juta rupiah. Besarnya gaji ini timbal balik dengan resiko pekerjaan dalam pertambangan dimana seseorang yang bekerja di pertambangan diwajibkan untuk bekerja on-site dengan sistem roster.

Baca juga: Berniat Jadi Pekerja Tambang? Kenali Sistem Kerja Roster Ini

Memiliki gaji yang besar bukan merupakan yang tidak mungkin untuk seorang fresh graduate tetapi tentu seorang fresh graduate perlu melakukan usaha yang ekstra untuk mendapatkan angka tersebut. Selain skill yang dibutuhkan masing-masing pekerjaan untuk menunjang pekerjaannya, attitude diperlukan untuk menunjang keberlangsungan seseorang dalam pekerjaan.

(FPL)