image

"Ilustrasi uang"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 5 January 2022 / 0 Komentar

International Saham 

Jual Saham ke ABI, J Resources Asia Pasifik Berharap Beban Keuangan Menurun

duniatambang.co.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) menjual semua saham yang dimiliki oleh PT J Resources Nusantara (JRN), yang merupakan anak usaha perusahaan, dalam PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM). Pihak yang membeli seluruh saham tersebut adalah PT Andalan Bersama Investama (ABI).

Diketahui besaran nilai transaksi dalam jual-beli saham tersebut mencapai $150 juta atau sekitar Rp2,13 triliun. Hal tersebut disampaikan perusahaan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI). J Resources Nusantara sendiri sebelumnya memiliki sebanyak 751.949.753 lembar saham di Gorontalo Sejahtera Mining, yang ditaksir nilainya sebesar Rp2,167 triliun.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa alasan dari penjualan saham tersebut adalah karena mempertimbangkan aspek bisnis. Dijelaskan lebih lanjut, bahwa perusahaan memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan aset pertambangan emas lainnya yang juga dimiliki.

Dengan adanya penjualan saham itu, J Resources Asia Pasifik berharap perusahaan mampu untuk meningkatkan likuiditas yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk mendukung modal kerja perusahaan maupun anak perusahaan.

Di sisi lain, hasil dari penjualan saham itu juga digunakan untuk mengurangi beban pinjaman yang ada, dan juga untuk melakukan pembangunan serta pengembangan sejumlah aset pertambangan emas lainnya yang dimiliki perusahaan.

Kinerja operasional secara keseluruhan juga diharapkan bisa meningkat dengan adanya transaksi ini, serta konsolidasi keuangan perusahaan juga bisa terjaga hingga tahun-tahun ke depan, dengan meningkatnya potensi pendapatan serta adanya penurunan beban keuangan. Sehingga pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif kepada seluruh stakeholder.

Andalan Bersama Investama sendiri adalah afiliasi dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, yang sebelumnya telah membeli sejumlah saham milik perusahaan pada tanggal 31 Desember kemarin yang nilai transaksinya mencapai Rp1,14 triliun.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar