image

"Stockpile batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 25 November 2021 / 0 Komentar

Batubara PT Bukit Asam Tbk 

Bukit Asam Tambah Produksi Batubara Jadi 37 Juta Ton Tahun Depan

duniatambang.co.id - Target produksi batu bara yang dicanangkan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk tahun 2022 mendatang, bakal ditingkatkan. Pihak perusahaan mengatakan bahwa, target yang dipasang adalah di angka 37 juta ton. Ini berarti akan ada kenaikan target sebesar 23,33%, jika dibandingkan dengan target yang dicanangkan untuk tahun ini, yang berada di angka 30 juta ton.

Bukit Asam meningkatkan target produksi karena mendapatkan dukungan dari produksi batu bara yang berasal dari tambang Banko Tengah. Tambang baru itu bakal mulai dioperasikan pada tahun 2022 nanti. Kemudian, faktor yang menjadi pendorong naiknya target produksi itu juga berasal dari meningkatnya produksi dari tambang-tambang yang sudah ada.

Selama ini, Bukit Asam memiliki tiga tambang batu bara yang tersebar di dua wilayah. Yang pertama di wilayah Tanjung Enim ada tambang Air Laya dan juga tambang Muara Tiga Besar. Sementara satu lagi berada di wilayah Banko Tengah, yakni tambang Banko Barat.

Untuk memacu kapasitas produksi, perusahaan pun telah menyiapkan infrastruktur sebagai penopangnya. Salah satu infrastruktur itu adalah adanya Train Load Station (TLS) 5 yang pembangunannya diprediksi akan rampung sebelum akhir tahun ini. Untuk masalah pengangkutan, pihak Bukit Asam telah bekerja sama dengan PT KAI.

Sementara itu dari segi penjualan, Bukit Asam yakin bahwa pengiriman ke pasar luar negeri bakal mengalami peningkatan. Namun, perusahaan masih belum memberikan lebih detail mengenai seberapa besar porsi yang akan dijual ke pasar ekspor di tahun depan. Sebab, perusahaan lebih memilih untuk melihat bagaimana permintaanya nanti.

Yang pasti, Bukit Asam untuk saat ini telah menyediakan porsi batu bara untuk ekspor sebanyak 47%, di mana jumlah ini lebih besar dibandingkan porsi untuk tahun lalu, yang alokasinya sebesar 46%.

Sampai dengan catatan bulan Oktober lalu, Bukit Asam telah menambang sebanyak 25,7 juta ton batu bara. Melihat hal ini, perusahaan pun sangat optimis target 30 juta ton akan bisa tercapai sampai akhir tahun.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar