image

"Tambang bauksit"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 23 November 2021 / 0 Komentar

Mineral Nikel 

Pemerintah Kalteng Larang Pengiriman Bauksit Ke Luar Wilayahnya

duniatambang.co.id - Pengiriman bahan tambang jenis bauksit ke luar Provinsi Kalimantan Tengah nantinya bakal tidak diperbolehkan, hal ini menyusul aturan baru yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi setempat, yang akan mulai berlaku secara efektif terhitung bulan Januari 2022.

Dalam keterangan tertulis yang dibagikan oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Kalimantan Tengah, Gubernur Sugianto mengaku telah mengirimkan surat resmi kepada pihak kementerian terkait yang berisi bahwa bahan mentah bauksit terhitung mulai bulan Januari 2022 tidak boleh lagi dikirimkan ke luar Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut aturan yang telah ditandatangani Sugianto pada tanggal 12 November 2021 tersebut menjelaskan, bahan baku yang utamanya untuk aluminium tersebut setidaknya harus sudah diolah terlebih dahulu, dalam bentuk setengah jadi, apabila ingin dikirimkan ke luar Kalimantan Tengah.

Adapun alasan diterbitkannya aturan tersebut dikarenakan selama ini kontribusi dari kegiatan penambangan bauksit di wilayah tersebut dianggap kurang bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

Sugianto menilai, kontribusi dari bauksit sebenarnya bisa lebih ditingkatkan apabila diterapkan hilirisasi industri. Nantinya, manfaat itu tidak hanya akan diterima oleh masyarakat sekitar, tetapi juga akan memberikan dampak yang besar untuk perekonomian dalam skala yang lebih luas. Misalnya, akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan PAD yang bisa dirasakan lewat pembangunan di berbagai sektor strategis.

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia sekarang ini tercatat mempunyai cadangan bauksit yang jumlahnya mencapai 2,96 miliar ton. Beberapa di antaranya menjadi sumber pertambangan yang sangat penting di wilayah Kalimantan Tengah.

Meskipun ada aturan pelarangan pengiriman bauksit ke luar Kalimantan Tengah, Sugianto memastikan bahwa pemerintah menjamin iklim usaha di wilayahnya akan tetap aman. Dirinya berjanji akan semakin terbuka kepada pihak-pihak yang ingin melakukan investasi serta akan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar