image

"Pertambangan nikel"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 12 November 2021 / 0 Komentar

Mineral Nikel 

10 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

duniatambang.co.id - Nikel merupakan komoditas yang sangat di minati belakangan ini, seiring perkembangan sains dan teknologi, banyak kebutuhan sehari-hari yang sangat erat dan ketergantungan terhadap bahan baku yang menggunakan bijih nikel tersebut. Mengutip dari data Kementerian ESDM Tahun 2019, terdapat 10 negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

Indonesia 23,7 %

Australia, 21,5 %

Brazil 12,4 %

Rusia 8,8 %

Kuba 6,2 %

Filipina 5,4 %

Afrika Selatan 4,2 %

Tiongkok 3,2 %

Kanada 3 %

Guatemala 2 %

Indonesia merupakan negara dengan cadangan bijih nikel terbesar di dunia. Sekitar 32,7% cadangan nikel dunia ada di Tanah Air, dengan cadangan nikel laterit nya yang tersebar di beberapa daerah seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Halmahera Timur, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Australia berada di urutan kedua setelah Indonesia, yang memiliki 21,5% cadangan nikel dunia. Brazil menyusul dengan cadangan bijih nikel 12,4%. Kemudian Rusia, Kuba, Filipina, Afrika Selatan, Tiongkok, Kanada, dan Guatemala.

Demi menjaga ketahanan cadangan mineral ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan ekspor bijih nikel. Kebijakan ini mulai diberlakukan per Januari 2020.


Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar