image

"Batubara dalam genggaman tangan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 10 November 2021 / 0 Komentar

Batubara HBA 

Terus menanjak, HBA Bulan November Tembus USD215,01 per Ton

duniatambang.co.id - Tahun 2021 menjadi tahun primadona bagi batubara. Walau sempat mengalami penurunan yang tidak signifikan di awal tahun, namun kenaikan Harga Batubara Acuan (HBA) terus mengalami kelonjakan. HBA terus mencetak rekor baru selama satu dekade dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini terlihat jelas dari kenaikan HBA sebesar 33%  dari bulan Oktober lalu yang menempati angka USD161,63 per ton, menjadi USD215,01 di bulan November ini.

Kenaikan HBA ini terus mengalami lonjakan sejak bulan Maret lalu hingga sekarang. Angka pada November ini hampir mencapai 3 kali lipat dari awal tahun 2021. Lonjakan yang terjadi terus-menerus ini dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor internasional. Seperti kebutuhan batubara yang meningkat dibeberapa negara karena adanya faktor iklim yang menghambat produksi batubara dan kebutuhan industri yang harus dipenuhi sehingga pasokan batubara domestik tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Berikut daftar HBA sejak Januari 2021 hingga November 2021.


"Harga ini merupakan level HBA tertinggi dalam puluhan tahun terakhir. Permintaan dari Tiongkok terus meningkat menyusul mulai memasuki musim dingin serta kondisi cuaca buruk menyebabkan terganggunya kegiatan produksi dan transportasi batubara di provinsi produsen batubara," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Senin (8/11).

Agung juga menjelaskan bahwa kenaikan HBA ini juga dipengaruhi oleh komoditas lain, seperti adanya kenaikan harha gas alam, akibat adanya pertumbuhan ekonomi global baru pascapandemi.

HBA bulan November ini akan digunakan pada penentuan harga batubara pada titik serah penjualan secara free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel) selama satu bulan mendatang.


Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar