image

"Load Scanner"
Sumber gambar: Dokumen Widya Robotics dan Dunia Tambang

Dunia Tambang / 8 November 2021 / 0 Komentar

Teknologi Widya Robotics 

Waktunya Beralih dari Jembatan Timbang, Lebih Cepat dan Efektif dengan Widya Load Scanner

duniatambang.co.id - Beberapa perusahaan terdampak oleh pandemik 2 tahun terakhir ini. Tapi tidak untuk perusahaan teknologi kecerdasan buatan asal Yogyakarta, PT Widya Inovasi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Widya Robotics. Salah satu produknya yaitu Widya Load Scanner berfungsi untuk menghitung volume muatan khusus kendaraan truk mulai digunakan di beberapa perusahaan.

Sebelumnya untuk melakukan pengukuran volume muatan truk waktu yang dibutuhkan cukup lama dengan akurasi yang rendah. Dengan teknologi LiDAR pada Widya Load Scanner, kini proses pengukuran volume muatan truk hanya membutuhkan waktu 6 menit. Sedangkan untuk cara konvensional memakan waktu tiga kali lipatnya. Menurut Tri Yunianta, VP Technology Widya Robotics menyampaikan, “Dengan Widya Load Scanner proses penghitungannya lebih cepat dan praktis daripada perhitungan konvensional karena bersifat real time dan tingkat akurasi penghitungannya mencapai 98%”.

Alat Widya Load Scanner memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 70%. Sistem, perangkat lunak dan komponen lainnya dibuat sendiri oleh Widya Robotics. Hal ini berpengaruh juga kepada harga yang ditawarkan untuk satu unit Widya Load Scanner yang lebih murah hingga 50% daripada produk sejenis buatan luar negeri.

Cara kerja Widya Load Scanner ini adalah dengan mengumpulkan titik-titik jarak. Dari titik-titik jarak ini menjadi matriks. Matriks menjadi point cloud kemudian bisa dihitung volumenya. Widya Load Scanner akan melakukan scan terhadap volume truk untuk membaca muatannya. Selanjutnya dilakukan pengukuran Sehingga harus diketahui jenis pengisinya lalu dikurangi muatan kosongnya. Alwy Herfian Satriatama, CEO Widya Robotics, “Selain menyasar pasar dalam negeri, saat ini Widya Robotics menyasar pasar Asia dan harapannya terus berekspansi hingga ke Benua Eropa dengan kualitas yang tidak kalah baik. Karena teknologi ini banyak diperlukan di perusahaan pertambangan, konstruksi, pasir, beras dan lainnya”.

Saat ini Widya Load Scanner sudah digunakan di perusahaan BUMN pada proyek konstruksi di Purwakarta, Makassar dan Semarang. Selain itu di pasar luar negeri, kini Widya Load Scanner juga sudah digunakan di suatu perusahaan di Yangon Myanmar.

Untuk memperkenalkan alat-alat yang diproduksi dan memperluas pasar ke bagian Timur Tengah, pada tanggal 20 dan 21 September 2021 Widya Robotics telah mengikuti pameran virtual yang diselenggarakan di Oman. Dalam acara ini Widya Robotics mendapatkan dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Muscat Oman.

Tri Yunianta selaku VP Technology menambahkan, “Melihat pasar yang masih luas di bidang kecerdasan buatan ini memberikan motivasi kepada Widya Robotics untuk dapat mengembangkan produk-produk lainnya, termasuk Widya Load Scanner Portable yang proses pengembangannya ditargetkan akan selesai di bulan Desember 2021. Produk Widya Load Scanner Portable akan diproduksi untuk menyasar proyek konstruksi yang mobile seperti proyek jalan tol”.

“Alat-alat yang dibuat oleh Widya Robotics diharapkan dapat menjadi solusi dan membantu kehidupan masyarakat dan perusahaan di berbagai sektor termasuk di sektor mining, konstruksi dan lainnya”, tutup Alwy Herfian Satriatama selaku CEO Widya Robotics. (*)

 

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar