image

"area pertambangan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 4 November 2021 / 0 Komentar

Batubara Saham 

Saham Batubara Mulai Merosot

duniatambang.co.id - Selama satu bulan terakhir, sejumlah harga saham milik emiten batubara mulai mengalami penurunan secara signifikan. Misalnya yang seperti terjadi pada saham milik PT Adaro Energy Tbk (ADRO) yang sepanjang satu minggu terakhir mengalami penurunan sebesar 3,17%, dan bahkan sempat mencapai penurunan terlemah 4,55%. Kemudian juga saham milik PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang sepekan terakhir hanya mampu naik tipis 0,37% dan terlemah mencapai 2,90%. Termasuk juga saham milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) yang turut mengalami penurunan sebesar 9,24%.

Analis menilai bahwa terjadinya penurunan harga saham emiten batubara tersebut, seiring dengan mulai melemahnya harga batu bara. Harga batubara ICE Newcastle untuk kontrak berjangka sampai dengan Januari 2022, diketahui berada di angka USD159 per ton. Harga tersebut telah mengalami penurunan dari harga tertingginya pada tanggal 5 Oktober lalu yang berada di angka USD272,5 per ton.

Hal itu kemudian diperparah dengan adanya aksi ambil untung karena saham-saham itu sebelumnya telah menghasilkan profit yang cukup signifikan. Kemudian juga sebagai dampak dari kebijakan pemerintah Cina yang mencoba mengatasi krisis energi yang cukup lama berlangsung. Ada juga rencana yang bakal mematok harga batu bara berada di kisaran USD69 per ton.

Analis memproyeksikan harga batubara akan berada di angka USD140 per ton sampai dengan akhir tahun ini. Nantinya, diyakini bahwa faktor terbesar yang akan menjadi katalis pergerakan harga batu bara adalah langkah dan kebijakan Cina serta India yang akan diambil, guna mengantisipasi kebutuhan batu bara di musim dingin. Apabila nanti pasokan kembali tidak mampu mencukupi kebutuhan, maka ada potensi harga batu bara kembali naik.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar