image

"Ilustrasi tumpukan uang"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 2 November 2021 / 0 Komentar

Bisnis Antam 

Kuartal Ketiga 2021, Capaian Produksi dan Penjualan Aneka Tambang Bervariasi

duniatambang.co.id - Berdasarkan laporan kinerja operasional untuk periode Januari sampai dengan September 2021, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengungkap bahwa perusahaan mengalami kenaikan penjualan dan juga produksi. Meski demikian, ada beberapa sisi yang mengalami penurunan.

Aneka Tambang mencatatkan volume produksi feronikel unaudited untuk periode sembilan bulan pertama tahun ini yang jumlahnya mencapai 19.097 ton nikel dengan besaran penjualannya mencapai 18.880 ton nikel. Adapun tingkat produksi ini mengalami penurunan, namun sangat tipis sebesar 0,18% dari besaran produksi di periode yang sama tahun lalu yang jumlahnya sebesar 19.133 ton nikel. Hal yang sama juga terjadi pada tingkat penjualan, yang menurun sebanyak 3,21% dibandingkan laporan akhir September 2020 yang berada di angka 19.507 ton nikel.

Lebih lanjut, di kuartal ketiga tahun 2021, Aneka Tambang melaporkan besaran penjualan nikel mereka sebanyak 6.812 ton nikel, di mana angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 5% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang sebesar 6.479 ton nikel. Adapun, produk feronikel yang dihasilkan Aneka Tambang itu dijual untuk ekspor ke luar negeri.

Untuk komoditas emas, Aneka Tambang melaporkan penjualan emas yang mencapai 19.871 kg sampai dengan bulan September tahun 2021 ini. Jumlah tersebut diketahui mengalami kenaikan sebesar 34% jika dibandingkan dengan catatan di periode yang sama tahun 2020 lalu sebesar 14.876 kg.

Produksi emas unaudited Aneka Tambang yang berasal dari tambang Pongkor dan Cibaliung, diketahui mencapai 1.162 kg. Di mana pencapaian ini mengalami penurunan sebear 9,14% jika dibandingkan capaian sampai kuartal ketiga tahun 2020 lalu di angka 1.279 kg.

Pihak Aneka Tambang sebelumnya juga menjelaskan bahwa untuk tahun ini, perusahaan akan lebih berfokus pada pengembangan pasar domestik untuk bijih nikel. Hal ini dilakukan karena pertumbuhan industri pengolahan nikel domestik yang memiliki potensi cukup besar.


Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar