image

"BHP"
Sumber gambar: www.bhp.com

Dunia Tambang / 29 October 2021 / 0 Komentar

International BHP nickel 

BHP Pelajari Potensi Pemanfaatan Limbah Nikel Untuk Penangkapan Karbon

duniatambang.co.id - BHP Group melihat adanya potensi untuk bisa menggunakan limbah dari operasi penambangan nikel Australia, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menangkap dan menyimpan karbon dan akan melakukan uji coba lapangan pada tahun ini.

Mereka juga bakal memanfaatkan teknologi baru untuk melihat lebih dalam di bawah tanah, untuk bisa mengeksplorasi mineral penting dalam rangka transisi energi seperti nikel dan tembaga. Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Technical Officer Laura Tyler pada konferensi perdagangan di London beberapa waktu yang lalu.

BHP menambang logam di tambang Nickel West di Australia Barat. Tambang tersebut diketahui juga memproses nikel menjadi bubuk berkualitas tinggi, 85% di antaranya digunakan untuk industri baterai. Tahun ini pihaknya menandatangani kesepakatan untuk memasok nikel, yang menjadi bahan utama dalam baterai kendaraan listrik ke Tesla Inc.

Limbah dari operasi Nickel West diketahui mengandung magnesium oksida yang tinggi, yang dapat menarik karbon dari udara untuk membuat magnesium karbonat, senyawa stabil dalam bentuk garam.

“Material itu kemudian dapat ditinggalkan dengan aman di tempat, atau digunakan dalam bahan bangunan seperti semen karbon netral atau eternit,” ungkap Tyler.

Dilaporkan juga bahwa uji coba BHP tersebut akan dilakukan di bendungan tailing Gunung Keith di Australia Barat. Dengan lebar 5km, bendungan itu diyakini dapat menyimpan sekitar 40.000 ton karbon dioksida dari atmosfer setiap tahun, cukup untuk mengimbangi sekitar 15.000 rata-rata pembakaran mesin kendaraan. Para peneliti percaya itu bisa menyimpan jauh lebih banyak CO2 setiap tahun jika tingkat karbonasi mineral dapat ditingkatkan melalui proses yang berbeda dan solusi rekayasa.

BHP akan juga menggunakan sensor real-time, susunan multi-fisika, dan analitik data untuk mempercepat pengambilan keputusan, memangkas kebutuhan logistik, dan meningkatkan potensi penemuan.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

 

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar