image

"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 25 October 2021 / 0 Komentar

International Batubara 

Harga Batubara Anjlok Setelah Perusahaan Cina Tetapkan Ambang Batas Atas

duniatambang.co.id - Empat perusahaan tambang batubara terbesar di Cina akan semakin memperketat dalam menerapkan batas atas harga komoditas batu bara termal.

CHN Energy, salah satu dari keempat perusahaan batubara terbesar Cina, yang selama ini menyumbang lebih dari 40% pasokan di pelabuhan Teluk Bohai mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan batas atas harga batubara termal 5.500 kcal di level 1.800 yuan per ton. Pihaknya berharap bahwa langkah ini akan menjadi perwujudan dari respons cepat perusahaan, yang memiliki tujuan utama membawa harga batu bara kembali ke level rasional.

Sementara itu, tiga perusahaan batu bara terbesar Cina lainnya antara lain, China National Coal Group Corporation, Jinneng Holding Group dan Inner Mongolia Yitai Group Co, juga mengeluarkan pernyataan senada, bahwa mereka tidak akan menjual batu bara termal melebihi angka 2 ribu yuan per ton.

Sebagai informasi, Jinneng dan China National merupakan perusahaan batu bara yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah Cina.

Teluk Bohai merupakan wilayah pelabuhan yang selama ini menjadi pusat distribusi batu bara yang diproduksi di tambang Cina Utara, untuk kemudian diangkut ke kapal yang menuju ke pelabuhan di wilayah selatan. Nantinya, batubara tersebut akan didistribusikan ke wilayah lainnya atau digunakan untuk memasok pembangkit listrik.

Setelah pengumuman penetapan ambang batas atas harga batu bara termal oleh keempat perusahaan tersebut, harga batu bara kontrak berjangka mengalami penurunan cukup signifikan. Penurunan harga itupun menandai berakhirnya tren rekor tertinggi yang terus terjadi hingga pekan ini.

Adapun pengumuman ambang batas atas itu sebagai tindak lanjut dari kampanye yang sedang digencarkan pemerintah Cina secara nasional, guna mengerem harga batu bara yang terus meroket, dan sebagai langkah untuk memastikan ketersediaan pasokan batu bara di musim dingin yang akan segera datang.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar