image

"Ilustrasi milenial melakukan pengamatan di industri energi"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 19 October 2021 / 0 Komentar

Energi EBT 

Peran Kaum Milenial dalam Transisi Energi

duniatambang.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sangat optimis kaum milenial dapat memberikan peranan dalam transisi energi nasional. Hal ini ia sampaikan dalam diskusi menyambut penyelenggaraan Road to Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow, Skotlandia di Jakarta, Kamis (7/10).

"Transisi energi ini memberikan peluang besar untuk berkarya sehingga generasi muda bisa menjadi key leader dalam kolaborasi multi-institusional," ujarnya dalam kesempatan yang dilakukan secara daring tersebut.

Transisi energi yang menjadi fokus pemerintah memang memiliki banyak kendala dalam realisasinya. Proses peralihan energi fosil menuju energi baru dan terbarukan (EBT) membutuhkan ide-ide yang inovatif, sehingga impian Indonesia untuk menggunakan energi yang bersih dapat terwujud.

Arifin kembali menuturkan, bahwa peran generasi muda dalam keberhasilan pembangunan ekonomi rendah karbon berkelanjutan ini sangat dibutuhkan. Hal ini didasari karena para generasi milenial cenderung memiliki potensi dalam memberikan ide dan inovasi baru dalam mengembangkan EBT dan dapat memberikan pengaruh besar dalam mengampanyekan penggunaan energi bersih sehingga dapat menimbulkan kesadaran penuh dalam masyarakat.

Arifin juga memberikan beberapa contoh inovasi yang dapat dilakukan oleh kaum milenial seperti pembuatan biomassa dari limbah dan pemanfaatan tanaman untuk menjadi bahan bakar. Contoh lainnya adalah dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat dan mengembangkan perusahaan rintisan (startup) seperti aplikasi penghematan energi.

Selain memberikan dukungan penuh terhadap kaum muda, pemerintah juga tengah melakukan 2 (dua) terobosan kebijakan, yaitu Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya dan Patriot Energi, sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam mewujudkan energi yang bersih dan ramah lingkungan.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar